Ganbaru Pada Siswa Kelas Persiapan Masuk Universitas Tokyo Dalam Drama Dragon Zakura Karya Tsukamoto Renpei Dan Komatsu Takashi

Febrin, Purnama (2015) Ganbaru Pada Siswa Kelas Persiapan Masuk Universitas Tokyo Dalam Drama Dragon Zakura Karya Tsukamoto Renpei Dan Komatsu Takashi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dragon Zakura merupakan drama televisi yang bertema sekolah karya Renpei Tsukamoto dan Takashi Komatsu. Drama ini bercerita tentang seorang pengacara yang membantu enam siswa SMA Ryuuzan belajar agar dapat diterima di Universitas Tokyo. Penulis melihat ada sikap ganbaru pada siswa kelas persiapan masuk Universitas Tokyo dalam belajar.Ganbaru merupakan suatu sikap pantang menyerah dan terus berusaha hingga akhir dalam melakukan sesuatu. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti sikap ganbaru pada para siswa kelas persiapan masuk Universitas Tokyo. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan konsep ganbaru untuk meneliti sikap ganbaru yang tercermin pada siswa kelas persiapan masuk Universitas Tokyo dalam drama Dragon Zakura. Metode yang penulis gunakan adalah deskriptif analitik. Selain itu, penulis menggunakan teori tokoh dan penokohan. Penulis juga menggunakan miseenscene untuk menganalisis adegan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis membagi sikap ganbaru menjadi dua yaitu sikap ganbaru secara verbal (perkataan) yang meliputi semangat untuk belajar dan pantang menyerah, dan sikap ganbaru secara non verbal (tindakan) yang meliputi balajar di dalam kelas, belajar diluar kelas dan belajar sambil berolahraga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/640/ 051506792
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Sep 2015 15:11
Last Modified: 29 Sep 2015 15:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101863
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item