Natural Degradation Caused By Human Actions In Dr. Seuss’ The Lorax Movie

Fame, SonyaGoncalves (2015) Natural Degradation Caused By Human Actions In Dr. Seuss’ The Lorax Movie. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kerusakan alam sekarang telah menjadi isu yang sangat penting untuk diperhatikan. Manusia mengeksploitasi alam untuk memenuhi ambisi mereka dan hal ini berujung pada terjadinya banyak bencana alam yang korbannya adalah manusia sendiri dan juga makhluk hidup lainnya. Film dapat digunakan untuk menarik perhatian masyarakat dan mengubah cara berpikir tentang seberapa pentingnya alam. Oleh karena itu, Dr. Seuss mencoba untuk menggambarkan tingkah laku manusia terhadap alam. Melalui film ini penulis dapat menganalisa bagaimana manusia membuat kesalahan ketika mengacuhkan alam untuk mencapai kepuasan mereka hingga alam benar-benar mengalami kerusakan. Masalah yang dianalisa oleh penulis adalah apa saja dampak kerusakan alam yang ditimbulkan manusia dalam film Dr. Seuss’ The Lorax. Penelitian ini menggunakan pendekatan kritik lingkungan karena penulis ingin mendeskripsikan kerusakan alam yang ditunjukkan di film tersebut. Dalam mencari data dari film tersebut, penulis melakukan beberapa tahapan sebagai berikut. Pertama, penulis menonton film dan mencoba memahami gambaran umum dari film tersebut. Kedua, penulis mengumpulkan data mengenai akibat-akibat kerusakan alam yang disebabkan tingkah laku manusia dari film tersebut. Kemudian, penulis mencari bukti-bukti yang mendukung pendapat dari penulis. Bukti-bukti yang diambil dari film tersebut berupa gambar-gambar dari adegan tertentu, potongan potongan dialog tertentu, dan juga dalam bentuk potongan lirik lagu tertentu yang ditampilkan dalam film tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menemukan akibat-akibat kerusakan alam yang disebabkan tingkah laku manusia dalam film tersebut. Akibatnya tidak hanya dialami oleh manusia tapi juga melibatkan hewan dan alam sebagai korbannya. Polusi menyebabkan pemanasan global, diikuti dengan beberapa masalah kesehatan seputar pernapasan seperti asma atau kanker paru-paru, tandusnya tanah, hewan kehilangan tempat tinggal dan juga sumber makanan, asap yang mengandung debu yang berbahaya bagi manusia dan hewan serta tumbuhan, dsb. Melalui film ini, manusia diingatkan akan tingkah laku mereka yang menyebabkan kerusakan alam. Alam sebagai korban dari perilaku manusia perlahan-lahan menjadi kritis dan ini akan berakibat pada hewan dan juga manusia sendiri seperti yang terlihat dalam film dimana manusia kehilangan udara segar dan sehat yang disebabkan oleh asap pabrik, dsb.

English Abstract

Natural degradation nowadays becomes important issue to be concerned about. Human exploits the nature to gain their ambition and it leads to many disasters whose victims are human themselves and another living creatures. Movie can be used to attract human’s interest and change their way of thinking about the importance of nature. One of the movies which shows the relationship between human and nature is Dr. Seuss’ The Lorax. Through this movie, the writer is going to analyze how human making mistakes when human tries to gain their ambition until the nature has been fully damaged. The problem that is analyzed by the writer is the effects of natural degradation caused by human actions in Dr. Seuss’ the Lorax movie is. This study uses ecocriticism approach since the writer would like to describe the natural degradation which is shown in the movie. The writer is doing some steps to get the data from this movie. First, the writer watch and catch the general idea of this movie. Second, the writer gathers the data about the effects of natural degradation which is caused by human actions in that movie. Then, the writer finds many evidences which supports the opinion of the writer. The evidences which is taken are in forms of images of certain scenes, the quotation of the dialogue, and also the quotation of songs’ lyric in that movie. In doing the research, the writer has found the effects of natural degradation caused by human actions in that movie. The effects is not only attack the human but also involve animals and nature as the victims. The pollution caused global warming, leads to several respiratory problem such as asthma or lung cancer, infertile soil, animals loss their habitats and foods, the smog which contains dust which is dangerous for human and animals as well as plants, etc. Through this movie, human is reminded about their actions which leads to natural degradation. Nature as the victim of human’s action is slowly dying and it can affect to the animals and human themselves as it is seen in that movie which human lose their fresh air because the smog of factory, etc.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/639/ 051506791
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 28 Sep 2015 15:02
Last Modified: 28 Sep 2015 15:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101861
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item