Maria, Vichie (2015) Bilingualism of 3rd grade students of Wesley Elementary International School Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kedwibahasaan adalah sebuah kemampuan menggunakan lebih dari satu bahasa yang digunakan seseorang untuk berinteraksi satu sama lain atau dalam situasi ini disebut dengan bilingualism. Setiap orang pasti memiliki kewarga negaraan, budaya, bahasa pertama dan bahasa kedua. Bahasa pertama dan kedua kemungkinan pasti berbeda, itulah yang membuat seseorang menjadi bilingual. Peneliti menganalisa dua rumusan masalah, yaitu : (1) metode apa yang digunakan para guru untuk mengembangkan bahasa kedua dari murid kelas 3, dan bagaimana para murid mempelajari bahasa kedua mereka? (2) Apa saja factor yang dapat mempengaruhi kemampuan bilingual mereka? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data didapatkan dari interview yang telah dilakukan oleh peneliti di Wesley International School Malang. Untuk menganalisa data, peneliti membandingkan beberapa metode dari teori Second Language Acquisition menggunakan teori Yule, (2010) dan Bilingualism menggunakan teori Hamers (1983) dengan metode yang digunakan oleh guru-guru dan murid-murid kelas 3. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kesebelas murid kelas tiga memiliki lebih dati satu bahasa. Dan mereka memiliki metode yang berbeda-beda untuk mempelajari bahasa kedua mereka. Para guru juga menunjukan bahwa beberapa metode yang mereka gunakan dapat membantu mengambangkan bahasa kedua para murid mereka. Mereka telah membuktikan bahwa dengan mengembangkan bahasa kedua juga dapat mengembangkan kemampuan bilingual mereka. Berdasarkan analisa, para guru dan murid meyakini bahwa, kebiasaan, faktor internal (kecerdasan, kecepatan belajar, cara belajar, dan motivasi) dan faktor eksternal seperti lingkungan dapat membantu mereka untuk belajar bahasa kedua dan mengembangkan kemampuan bilingual mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mempelajari bahasa hanya disekolah saja tidak menjamin seseorang dapat menguasai bahasa tersebut. Untuk menguasainya seseorang harus memotivasi dirinya sendiri untuk menggunakan bahasa itu sendiri sesering mungkin dan mengulangnya berkali-kali. Peneliti merekomendasikan kepada peneliti berikutnya untuk menganalisa level lain seperti murid kelas sekolah dasar yang lain atau level murid sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas.
English Abstract
Bilinguality is an ability of using more than one language that people use to do some interaction with other people or this situation can be called bilingualism. Every person must have a nationality, culture, first language and second language. First and second language may be different which make some one to be bilingual. The writer analyzed two research problems, namely : (1) What methods that the teachers use to develop the 3rd grade students second language, and how do the students learn their second language? (2)What are the factors affecting their bilinguality? This research used qualitative approach. The data were the interview that the reseacher had done at Wesley International School Malang. To analyze the data, the writer compared some methods or theory of Second Language Acquisition proposed by Yule, (2010) and Bilingualism proposed by Hamers (1983) with the teachers or the 3rd grade students methods. The result of this study showed that there were 11 students have more than one language and they have different methods or way to learn their second language. The teachers also showed that their methods of teaching second language that can help their students to learn their second language. They proved that by developing their second language can also develop their bilinguality. Based on the analysis, the teachers and the students believe that behaviourism, internal factors (intelligence, aptitude, learning style, and motivation) and external factors such as environment can help them to learn second language and develop their bilinguality. This study concluded that learning language only at school does not guarantee people can master languages. To master a language someone has to motivate himself to use it many times and repeat it over and over. The writer recommends the next writer to analyze the other grade such as another elementary grades or another levels like Junior or Senior High School students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/638/ 051506790 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 28 Sep 2015 14:39 |
Last Modified: | 28 Sep 2015 14:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101860 |
Actions (login required)
View Item |