Politeness Strategies Used By Customer Service Of Upt Lintas Bahasa And Job Placement Center Of Universitas Brawijaya Malang

Faradisa, Annike Feny (2015) Politeness Strategies Used By Customer Service Of Upt Lintas Bahasa And Job Placement Center Of Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam interaksi sosial sehari-hari, orang pada umumnya bertingkah laku harapan terhadap citra diri yang mereka miliki akan dihormati orang lain. Dengan demikian, kesantuan berperan untuk menghindarkan ancaman bagi orang lain dengan menunjukkan rasa hormat dan kedekatan dalam hubungan. Hal ini penting untuk diterapkan oleh semua orang, yang salah satunya adalah Customer Service. Customer Service adalah orang yang memberikan informasi kepada pelanggan. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah, yakni: (1) Strategi kesantunan jenis apa yang diterapkan Customer Service UPT Lintas Bahasa dan Job Placement Center dan (2) Sejauh mana Customer Service menerapkan strategi kesantunan di UPT Lintas Bahasa dan Job Placement Center. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh dengan cara mencatat percakapan antara Customer Service UPT Lintas Bahasa dan Job Placement Center dengan para pelanggan yang diamati selama 10-15 menit dalam sehari dan penelitian dilaksanakan selama lima hari pada jam kerja di setiap minggu. Data dianalisis dengan mengklasifikasikan dan menentukan jenis strategi kesantunan yang digunakan oleh subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat 59 ungkapan mengandung strategi kesantunan yang digunakan oleh Customer Service. Ada 29 ungkapan strategi kesantunan yang digunakan di UPT Lintas Bahasa dan 30 ungkapan strategi kesantunan yang diterapkan di Job Placement Center. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Customer Service mengekspresikan kesantunan mereka dengan menggunakan istilah sapaan/bentuk kekerabatan, kata ganti, partikel, dan istilah penghormatan. Empat jenis strategi kesantunan yang dikemukakan oleh Brown dan Levinson digunakan oleh subjek penelitian. Jenis strategi yang paling dominan digunakan oleh Customer Service adalah strategi seeking agreement karena mayoritas mereka menunjukkan solidaritas di setiap interaksi. Peneliti menyarankan peneliti selanjutnya untuk menganalisis strategi kesantunan dalam media lain, seperti pidato atau debat yang dilakukan orang lain. Peneliti juga menyarankan peneliti selanjutnya untuk menggunakan landasan teori yang berbeda untuk memperluas wilayah analisis dalam penelitian yang lebih lanjut.

English Abstract

In daily social interaction, people generally behave as if their expectations concerning their public self-image will be respected. Accordingly, politeness roles to save the face threatening act by showing deference and closeness. It is essential to be applied by all people, in which one of them is by the Customer Service. The Customer Service is a person who provides information to customers. In this study there are two problems of the study, they are: (1) What are the types of politeness strategies applied by the Customer Service of UPT Lintas Bahasa and Job Placement Center and (2) To what extent does Customer Service apply the politeness strategies in UPT Lintas Bahasa and Job Placement Center. The research employs qualitative method. The data are obtained through noting the conversation between the Customer Service of UPT Lintas Bahasa and Job Placement Center with the customers in a day for 10-15 minutes for observing this study and researching for 5 days of working hours, every week during the study. The data are analyzed by classifying and determining the types of politeness strategies used by the subjects. The study reveals that totally 59 utterances containing politeness strategies are used by Customer Service. There are 29 utterances politeness strategies used in UPT Lintas Bahasa and 30 utterances containing politeness strategies applied in Job Placement Center (JPC). The results also show that the Customer Services express their politeness by using address terms/kinship forms, pronouns, particles, and deference. Four types of politeness strategies stated by Brown and Levinson are used by the subjects. The most dominant type used by the customer services is seeking agreement strategy because they mostly show solidarity in their every single interaction. The researcher suggests the next researcher analyze politeness strategies in other media, such as speeches or debates performed by other figures. The researcher also recommends the next researcher to use different theory to enlarge the analysis in further research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/632/ 051506784
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 28 Sep 2015 09:55
Last Modified: 27 Dec 2021 02:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101854
[thumbnail of FIX_ALL.pdf] Text
FIX_ALL.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item