A Study of Registers Used During The Auction of Die- Cast Toys Malang on Facebook.

Brinda, Sonya (2015) A Study of Registers Used During The Auction of Die- Cast Toys Malang on Facebook. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manusia hidup bersama sebagai makhluk sosial dan manusia memerlukan bahasa untuk berkomunikasi dengan lainnya. Masyarakat membentuk kelompokkelompok masyarakat berdasarkan area, ketertarikan, kelas sosial, agama dan sebagainya. Orang-orang di dalam kelompok tersebut membutuhkan bahasa sendiri untuk bertukar pikiran tentang kesamaannya dan hal ini membuat adanya variasi bahasa. Pada kelompok masyarakat tertentu, anggotanya membuat istilahistilah untuk kelompoknya dan ini disebut register dalam variasi bahasa. Dalam studi ini penulis mempelajari tentang register yang digunakan ketika waktu lelangan oleh anggota Die-cast Hot Wheels di Facebook. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) register apa yang digunakan oleh anggota Die-cast Toys Malang ketika waktu lelangan di Facebook?; (2) faktor kontextual apa yang mempengaruhi register yang digunakan oleh anggota Die-cast Toys Malang ketika mereka melakukan lelangan di Facebook? Di penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Data berasal dari percakapan yang menggandung register. Dalam menggumpulkan data, penulis berperan sebagai peserta pasif yang hanya melihat dan menangkap percakapan selama lelangan, mendaftar register yang ditemukan ketika observasi, dan melakukan wawancara. Dalam menganalisa data, penulis menyusun register pada sebuah tabel untuk menemukan “common sense” dan “particular sense”, penulis menggunakan teori tentang faktor kontekstual oleh Brown and Attardo (2009), mengecek kebenaran data yang ditemukan dengan bertanya pada pengurus komunitas Die-cast Toys Malang, membuat kesimpulan. Penulis menemukan 21 register yang digunakan oleh anggota komunitas Die-cast Toys Malang di Facebook. Ada 6 register yang memiliki common sense dan 15 register yang mempunyai particular sense. Kemudian, ada beberapa register yang mempunyai persamaan dengan proses berjualan, kondisi kemasan Hot Wheels seperti, dan panggilan untuk penawar yang menunggu sampai menjelang akhir waktu lelangan. Untuk penelitian lebih jauh tentang register, penulis memberi saran kepada peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dalam fenomena register untuk menalisa dikomunitas yang berbeda, misalnya komunitas fotografi dan menggunakan analisis yang berbeda pula, seperti menganalisa ungkapan dalam bidang Pragmatics atau menganalisa dalam bidang Second Language Aquisition yang berhubungan dengan kesalahan tata bahasa.

English Abstract

Humans live together as society and humans need language to comunicate with others. People create group of societies based on region, interest, social class, religion and many others. In specific group people create their own terms in their community which is called register. In this study, the writer conducted a study about register used during the auction of die-cast toys Malang on facebook. There are two problems of the study, they are (1) What are the registers used by Die-cast Toys Malang when they do the auction on facebook?; (2) What are the contextual factors influencing the registers used by the members of Die-cast Toys Malang when they do the auction on facebook? In this study, the writer used a qualitative approach. The data are utterances which contain registers. In collecting the data, the writer acted as a passive participant who only watched and captured the conversation during the auction, listed the register found during the observation, and did an interview. In the data analysis, the writer classified the register into a table to define the common sense and particular sense, the writer used the theory about contextual factors by Brown and Attardo (2009), checking the validity of the register found by asked to the admin of Die-cast Toys Malang community, and drawing conclusion. The writer found 21 registers used by the members of Die-cast Toys Malang Community on Facebook. There are 6 which have common sense, and 15 which have particular sense of registers. Then, some registers related to selling process, the condition from the package of Hot Wheels, and calling from the bidder who waits until the end of the auction. For further study in register, the writer suggests for the future researchers who want to conduct a study on register phenomena analyze it in other communities, such as photography community with the different analysis, such as critizing the utterances within Pragmatics field or analyzing under Second Language Acquisition dealing with grammatical error.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/63/051501376
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Feb 2015 15:29
Last Modified: 18 Oct 2021 13:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101851
[thumbnail of THESIS.pdf]
Preview
Text
THESIS.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item