Aktualisasi Diri Cosplayer Dalam Komunitas Cosplay Surabaya (Cosura)

Martha, BagusRizandyAdhi (2015) Aktualisasi Diri Cosplayer Dalam Komunitas Cosplay Surabaya (Cosura). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cosplay adalah kegiatan mengenakan kostum atau memperagakan sebuah karakter fiksi menjadi nyata. Cosplay merupakan salah satu budaya populer Jepang yang cukup terkenal di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia yang memiliki cukup banyak cosplayer dan acara yang melibatkan permainan kostum. Fenomena ini juga menimbulkan munculnya banyak komunitas pecinta cosplay di berbagai daerah di Indonesia, seperti Komunitas Cosplay Surabaya (Cosura). Cosplay sebagai salah satu budaya populer Jepang di Indonesia menimbulkan kecintaan cukup kuat baik secara individu maupun kelompok. Seni memainkan kostum ini bukan hanya sekadar permainan untuk bersenang-senang karena faktanya juga dapat menjadi ajang aktualisasi diri pecintanya. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktualisasi diri cosplayer dalam komunitas Cosplay Surabaya (Cosura). Peneliti selanjutnya menggunakan teori aktualisasi diri untuk memaparkan bentuk aktualisasi diri cosplayer. Teori aktualisasi yang digunakan dalam studi ini mengambil konsep psikologi humanistik dari Carl Rogers yang menyatakan bahwa setiap individu memiliki kecenderungan untuk melakukan aktualisasi diri dengan berbagai cara agar dapat menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif yang berupaya menjelaskan suatu fenomena di dalam masyarakat. Instrumen penelitian tentang aktualisasi diri cosplayer dalam komunitas Cosplay Surabaya (Cosura) berupa kuesioner yang disebar secara online. Kuesioner terdiri dari 10 pertanyaaan untuk mengetahui, (1) identitas responden, (2) latar belakang keterlibatan responden di dunia cosplay, dan (3) bentuk aktualisasi diri responden. Kuesioner dibagikan secara online dan dijawab oleh 27 responden. Hasil kuesioner diolah dengan menganalisa data yang terkumpul kemudian menarik kesimpulan tentang aktualisasi diri cosplayer. Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa bentuk aktualisasi diri cosplayer dalam anggota komunitas Cosura. Bentuk aktualisasi itu terdiri dari, (1) responden menjadi lebih kreatif, (2) responden menjadi tidak pemalu, (3) responden menjadi berani tampil, (4) kepercayaan diri responden meningkat, (5) responden mendapatkan apresiasi, (6) menjadi terkenal, dan (7) responden mengasilkan uang dari kegiatan cosplay. Penelitian selanjutnya disarankan agar dapat mengambil jangkauan penelitian lebih luas untuk mendapatkan responden agar memiliki hasil lebih akurat. Selain itu, penelitian selanjutnya juga disarankan agar mengubah bahasan studi dengan meneliti pengaruh positif cosplay atau membandingkan pengaruh positif dengan pengaruh negatif seni bermain kostum ini.

English Abstract

有名な日本の大衆文化のコスプレとはアニメやゲーム等のキャラクターに扮する。コスプレは有名な自己実験ですから、日本人のみならず外国人に人気がある。インドネシアにもコスプレイヤーが結構たくさんあるから、コスプレコミュニティーが多いである。例えばインドネシアのスラバヤ市でよく知っているコスプレコミュニティーはCosura「Cosplay Surabaya」である。コスプレイヤーの皆さんはただキャラクターを扮するではないと思う。この現象は心理学理論によって研究することができる。その心理学理論は自今実験である。卒論の問題はどうやってCosuraコミュニティーで皆さんのコスプレイヤーが自己実験をするかと研究したいである。 研究の結果はCosuraコミュニティーの皆さんのコスプレイヤーは自己実験の方法が(1)回答者は創造的になる、(2)回答者は寡黙にならないである、(3)回答者はもっと勇気を持ってる、(4)回答者の自信が増えることになる、(5)回答者はほかの皆さんから鑑賞をもらう、(6)回答者は前よりもっと受ける、最後は(7)回答者はコスプレのおかげで、お金をもらう。 著者は、次の研究はコスプレの影響を調べたほうがいいと思う。例えば自分のコスプレイヤーの皆さんにコスプレが良い影響と悪い影響を比べた方がいいと思う

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/625/ 051506777
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Sep 2015 14:20
Last Modified: 23 Sep 2015 14:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101846
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item