Efektivitas Media Kartu Gambar Dalam Peningkatan Penguasaan Huruf Hiragana Pada Siswa Kelas X Lintas Minat Sma Negeri 1 Kertosono Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015

Prasetyaningrum, HutamiPutri (2015) Efektivitas Media Kartu Gambar Dalam Peningkatan Penguasaan Huruf Hiragana Pada Siswa Kelas X Lintas Minat Sma Negeri 1 Kertosono Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam penguasaan huruf Hiragana dalam pembelajaran bahasa Jepang belum maksimal. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kesulitan dalam pembelajaran bahasa Jepang. Faktor yang menyebabkan siswa kesulitan menguasai huruf Hiragana dikarenakan media pembelajaran di kelas kurang menarik, sehingga tidak memudahkan siswa dalam mempelajari dan menghafal huruf Hiragana. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana efektifitas media kartu gambar dalam penguasaan huruf Hiragana dan bagaimana prestasi belajar siswa dalam pembelajaran huruf Hiragana setelah menggunakan media kartu gambar. Tujuannya adalah untuk mengetahui efektifitas media dan ada tidaknya peningkatan prestasi siswa setelah belajar dengan menggunkanan media kartu gambar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mencari efektivitas media dan tes untuk mengetahui prestasi siswa. Dari jumlah populasi sebanyak 33 siswa, sampel yang digunakan adalah sebanyak jumlah populasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu gambar terbukti efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket yang mencapai kriteria sangat tinggi yaitu sebesar 85,98%. Selain itu, terjadi peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan media kartu gambar sebagai media pembelajaran huruf Hiragana. Peningkatan ini dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest sebesar 68,18 menjadi 86,36.

English Abstract

本研究の背景は日本語の学習における平仮名の理解する学生の能力が不十分である。教室でメディア・ラーニングが面白くないので、平仮名の理解する学生が困難になる。従い、平仮名を勉強や覚えることが簡単と言えないことである。 問題を検討することは平仮名の理解における絵カードの有効性はどうでしょう。そうして、絵カードを使用した後、学習成果はどうでしょう。目標は絵カードの有効性を調べることであり、学習成果の増加の有無を答えることである。 本研究の実験の使用した方法はワン・グループ・プリテスト・ポストテストの研究である。アンケートは有効性を調べる計測であり、テストは学習成果の学生を知る計測である。総人口の数は33学生で全部が使用するサンプルとする。 結果は絵カードが証明効果を表すことである。85.98%の非常に高いクライテリアに達するアンケートの結果が見ることができる。それに、絵カードを使用した後、隔週成果の学生が増加してくる。プレテストの平均の点数は68.18数から86.36数になり、点数の増加を見られることである

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/622/ 051506774
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Sep 2015 11:31
Last Modified: 23 Sep 2015 11:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101843
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item