Aufaa, AzkiAinulmai (2015) Correlation Between Morphological Awareness And Vocabulary Knowledge In The Third Year Students Of English Study Program Of Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemahaman morfologi merupakan salah satu dari sub-kategori pemahaman metalinguistik. Pemahaman morfologi mengarah pada kemampuan mendeskripsikan dan memanipulasi morfem dan struktur kata. Pemahaman morfologi dapat dihubungkan dengan beberapa subjek seperti pemahaman fonologi, pemahaman membaca dan kemahiran kosa kata. Dalam penelitian ini, penulis mengasosiasikan korelasi antara pemahaman morfologi dengan pengetahuan kosa kata. Terdapat tiga tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui korelasi antara pemahaman morfologi dengan pengetahuan kosa kata; (2) untuk meneliti sejauh mana pemahaman morfologi dan pemahaman dari pengetahuan kosa kata pada mahasiswa; (3) untuk meneliti analisis item dari uji morfologi. Instrumen yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini diadaptasi dari uji morfologi Maag (2007). Peserta dalam penelitian ini sejumlah 71 murid mahasiswa tahun ketiga, Program Studi Sastra Inggris, Universitas Brawijaya. Maka, data penelitian ini diperolaeh dari hasil instrument yang diisi oleh para mahasiswa. Studi ini menunjukan bahwa terdapat korelasi antara pemahaman morfologi dengan pengatahuan kosa kata intensif. Namun, tidak ditemukan korelasi anatara pemahaman morfologi dengan pengetahuan kosa kata ekstensif. Selain itu, studi ini menunjukan bahwa tingkat pemahaman morfologi dan pemahaman pengetahuan kosa kata mahasiswa tinggi. Studi ini juga menunjukan 17 kata atau 68% mendapatkan nilai rata-rata diatas 0.50 dimana kata-kata tersebut dianggap mudah oleh para mahasiswa. Sedangkan 8 kata atau 32% mendapatkan nilai rata-rata dibawah 0.50, dimana dianggap susah oleh para mahasiswa. Kesimpulan penelitian ini, pemahaman morfologi memiliki peranan dalam perkembangan kosa kata. Selain itu, pemahaman morfologi dapat memperkaya pengetahuan mahasiswa terhadap kosa kata. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya agar menggunakan instrument yang berbeda untuk mengukur pemahaman morfologi. Penulis juga menyarankan pembelajar bahasa asing untuk mempelajari morfologi untuk membantu mereka dalam memahami kosa kata.
English Abstract
Morphological awareness is one of the subcategories of metalinguistic awareness. Morphological awareness refers to the ability to describe and manipulate morphemes, also the structure of words. Morphological awareness can be associated with some subjects such as phonological awareness, reading comprehension and vocabulary acquisition. In this research, the writer associated the correlation between morphological awareness and vocabulary knowledge. There are three objectives in this study namely: (1) to find out correlation between morphological awareness and vocabulary knowledge; (2) to investigate the extent of morphological awareness and comprehension of vocabulary knowledge; (3) to find out the items analysis of morphology test. The test instrument used to achieve the purpose of this study is adapted from Maag’s (2007) morphology test. The participants of this study were 71 third year students of English Study Program of Universitas Brawijaya. Then, the data of this study obtained from the test instrument that was filled by the students. The study reveals that there was correlation between morphological awareness and depth vocabulary knowledge. However, the study did not find correlation between morphological awareness and breadth vocabulary knowledge. Moreover, this study found that students’ levels in morphological awareness and vocabulary knowledge were high. This study also reveals there were 17 items or 68% which got mean score above 0.50, which were considered easy. Moreover, there were 8 items or 32% which got mean score below 0.50, considered difficult. To conclude, morphological awareness has role in developing vocabulary knowledge. Moreover, morphological awareness can enrich student’s knowledge about vocabulary. The writer suggests to the next researcher to use another test instrument in measure the morphological awareness. The writer also suggest the foreign language learners to learn morphology to help them understand about vocabulary.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/617/ 051506769 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 28 Sep 2015 09:19 |
Last Modified: | 28 Sep 2015 09:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101837 |
Actions (login required)
View Item |