Ketidaksesuaian Peran Gender Pada Tokoh Masamune Asuka Dalam Drama Otomen Karya Tanimura Masaki

Akbar, IbnuSyaiful (2015) Ketidaksesuaian Peran Gender Pada Tokoh Masamune Asuka Dalam Drama Otomen Karya Tanimura Masaki. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan drama Otomen yang menceritakan kisah seorang murid SMA yang mempunyai sifat serta hobi yang girly. Namun Asuka berusaha menutupi dirinya yang sebenenarnya dari orang-orang di sekitarnya. Peran gender adalah suatu set tingkah laku yang diharapkan untuk pria dan wanita, dan dikaitkan dengan ciri-ciri feminin dan maskulin sesuai dengan yang diharapkan dalam masyarakat. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah diklasifikasikan dalam peran gender apa tokoh Masamune Asuka dalam drama otomen karya sutradara Tanimura Masaki. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Teori yang digunakan adalah teori sosiologi sastra yang diungkapkan oleh Ian Watt (1979), yaitu sastra sebagai cerminan masyarakat. Penulis juga menggunakan teori mise en scene sebagai teori pendukung dalam penelitian ini guna menganalisis film lebih dalam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Asuka adalah seorang pria yang termasuk ke dalam tipe peran gender feminin. Karena setelah dilakukan pengamatan, sepanjang drama Otomen ternyata sifat-sifat feminin dari Masamune Asuka terlihat lebih menonjol daripada sifat maskulin yang ada pada diri Masamune Asuka.

English Abstract

本研究ではドラマ「オトメン」を使用し、性役割の向くこととか不向くことを分析 する。性役割とはとは、その性別に、社会的に期待されている役割のことである。 問題提示としてはドラマ「オトメン」で正宗飛鳥の性役割の不向き研究した。 本研究では記述的分析を使った。そのうえ、使って文学や社会学はIan Watt (1979) の表せた理論である。Ian Watt の社会学の理論とおり、文学は社会の反 映である。またはより多く分析するために、mise en scene の理論を使用することに なる。 本研究の結果は正宗飛鳥の性役割がフェミニンに入れる。もっとも表せた正 宗飛鳥の性格のはフェミニンの特質である。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/612/ 051506764
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 25 Sep 2015 16:04
Last Modified: 25 Sep 2015 16:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101832
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item