Pengaruh Teknik Edutainment Terhadap Hasil Belajar Menyusun Teks Diskusi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 13 Malang

Rohmah, Faizatur (2015) Pengaruh Teknik Edutainment Terhadap Hasil Belajar Menyusun Teks Diskusi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 13 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang karena terdapat kesulitan siswa dalam mengembangkan kalimat dalam pembelajaran menyusun teks diskusi. Selain itu, suasana yang serius membuat siswa merasa jenuh di kelas. Tujuan penelitian ini untuk menguji teknik edutainment berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar menyusun teks diskusi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 13 Malang. Ancangan penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen murni yaitu untuk menguji ada dan tidaknya hipotesis perbedaan kelas yang diberi perlakuan, tidak semua persyaratan penelitian eksperimen dipenuhi dalam penelitian ini. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 34 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t). Alat yang digunakan untuk menguji data adalah IBM SPSS Statistics Version 20.00. Hasil penelitian ini yaitu penggunaan penggunaan teknik edutainment pada pembelajaran menyusun teks diskusi mengalami pengaruh yang signifikan. Hasil perhitungan tes akhir kelas kontrol dan kelas eksperimen menghasilkan nilai thitung (th) adalah -5,336 dengan df 66. Nilai thitung (th) tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel (ttb) pada taraf signifikansi 5% dan df 66. Skor ttabel (ttb) pada taraf sigifikansi 5% dan df 66 adalah -1,998. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung (th) lebih kecil dari nilai ttabel (ttb) (thitung: -5,336 < ttabel: -1,998). Hasil uji-t pada skor tes akhir menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan siswa menyusun teks diskusi antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dengan demikian, keadaan akhir kemampuan siswa dalam menyusun teks disksui kelas kontrol dan kelas eksperimen terjadi perbedaan yang signifikan. Perhitungan tersebut membuktikan teknik edutainment berpengaruh terhadap hasil belajar menyusun teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang.

English Abstract

This study departs from the background because of the difficulty in developing student learning sentences compose the text discussion. In addition, serious atmosphere makes students feel bored in class. The purpose of this study was to test the technic edutainment significant effect on learning outcomes compose the text discussion. This research was conducted in SMPN 13 Malang. Definition of research is quantitative and what kind of research is purely an experiment to test the hypothesis there is and not treated with class distinctions, no experimental studies met all requirements in this study. Samples taken were students of class VIII totaling 34 students. Data were analyzed using analysis of validity test, normality test, homogeneity test, hypothesis test (t-test). The tools used to test the data is IBM SPSS Statistics Version 20.00. Results of this research is the use of the use of edutainment learning techniques compose text discussion experiencing significant influence. Results of the final test calculation control class and experimental class produce tcount (th) is -5.336 with df 66. thitung value (th) is compared with the value ttabel (TTB) at a significance level of 5% and df 66. Score ttabel (TTB) on sigifikansi level of 5% and 66 df is -1.998. It shows that tcount (th) is smaller than the value ttable (TTB) (thitung: -5.336 <ttabel: -1.998). T-test results at the end of the test scores show that there are differences in the ability of students compose text of discussions between the control class with the experimental class. Thus, the final state students skills in preparing the discussions text control class and experimental class there was significant difference. The calculations prove edutainment techniques influence the learning outcomes of discussions text compiled class VIII SMP Negeri 13 Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/611/ 051506763
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 25 Sep 2015 15:55
Last Modified: 25 Sep 2015 15:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101831
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item