Improving Reading Comprehension Through Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Strategy (Classroom Action Research In Sma N 1 Kepanjen)

Lestari, DianWahyu (2015) Improving Reading Comprehension Through Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Strategy (Classroom Action Research In Sma N 1 Kepanjen). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemahaman membaca fokus pada kemampuan siswa dalam memahami bacaan. Pada kenyataannya, masih ada banyak siswa yang belum bisa memahami bacaan dengan baik. Hal tersebut berpengaruh pada hasil tes pemahaman membaca pada siswa. Sebagian besar hasil dari tes siswa dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Berdasarkan penelitian pendahuluan yang telah dilaksanakan di SMA N 1 Kepanjen., ditemukan bahwa sebagian besar nilai tes pemahaman membaca siswa dibawah KKM. Sebagai tambahan, motivasi siswa dalam kegiatan membaca tergolong rendah. Sehingga, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian menggunakan salah satu program komprehensif untuk mengajar membaca dan menulis pada siswa SMA yaitu CIRC strategy. Penelitian ini dikategorikan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dan latar dari penelitian ini adalah siswa kelas X Ilmu Bahasa dan Budaya (IBBU) di SMA N 1 Kepanjen pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat pertemuan pada setiap siklus. Data diperoleh dengan menggunakan instrument berupa tes pemahaman membaca, lembar observasi, dan catatan lapang. Test digunakan untuk mengukur peningkatan pemahaman membaca pada siswa. Lembar pengamatan dan catatan lapang digunakan untuk mendukung pengumpulan data dalam pengamatan tindakan siswa terhadap penerapan CIRC strategy. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, CIRC strategy dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca pada siswa melalui beberapa tahapan dalam membaca, yaitu pre-reading, while-reading, dan after-reading. Pada setiap tahapan terdapat beberapa aktifitas. Pada pre-reading siswa diberikan building knowledge melalui diskusi kelompok dan membuat prediksi. Pada while-reading siswa membaca teks dan mendiskusikan pertanyaan yang telah disediakandengan kelompok mereka. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam siswa membuat daftar kata-kata sulit berdasarkan teks kemudian menemukan arti kata tersebut. Tahapan terakhir adalah after-reading dimana beberapa kelompok menceritakan kembali isi teks di depan kelas. Masing-masing anggota kelompok bertanggung jawab untuk menceritakan bagian mereka sendiri sesuai dengan pemahaman yang telah mereka dapatkan. Untuk mengetahui perkembangan pemahaman membaca pada siswa, siswa diberikan tes pemahaman membaca dengan materi bacaan yang berbeda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa CIRC strategy dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Presentase dari jumlah murid yang mendapatkan nilai diatas KKM meningkat secara signifikan; pada penelitian ix pendahuluan adalah 47% kemudian naik menjadi 55% pada Siklus 1 dan 79% pada Siklus 2. Nilai rata-rata siswa juga meningkat secara bertahap, dari 72 di preliminary test menjadi 78 pada Siklus 1 dan 83 pada Siklus 2. Hasil dari lembar observasi dan catatan lapang menggambarkan bahwa kerjasama dan keaktifan siswa berangsur-angsur meningkat pada proses pembelajaran. Berdasarkan dari hasil penelitian, CIRC strategy adalah salah satu strategi yang direkomendasikan untuk guru dalam mengajar membaca untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca pada siswa dan meningkatkan keaktifan siswa pada kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini diharapkan dapat mendukung guru dalam mengajar khususnya Bahasa Inggris untuk menentukan cara mengajar pemahaman membaca yang lebih baik. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan inovasi kepada guru untuk lebih kreatif dalam memotivasi siswa untuk membaca. Strategy ini dapat diterapkan pada aspek lain seperti meningkatkan kemampuan menulis dan penguasaan kosakata pada siswa dalam belajar Bahasa Inggris.

English Abstract

Reading comprehension focuses on the ability of the students to understand the meaning of the text. In fact, there are many students are still unable to comprehend the text well. Therefore it affects the students’ result in reading comprehension test. Most of students’ results are below the minimum passing grade or Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Based on the preliminary study done in SMA N 1 Kepanjen, it was found that most of the students’ reading comprehension scores were below the KKM. In addition, they were not highly motivated in reading activity. Thus, the researcher is interested to conduct a research to solve the problem using Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) strategy in reading activity. This research is categorized as Classroom Action Research (CAR). The subject and setting of this research were the X graders of Ilmu Bahasa dan Budaya (IBBU) in SMA N 1 Kepanjen in the academic year of 2014/2015. The research was conducted in two cycles and four meetings in each cycle. The data were collected by using the instruments; reading comprehension tests, observation checklist, and field notes. The test was used to measure the improvement of the students in reading comprehension. The observation checklist and field notes were used to observe the students’ responds toward the implementation of CIRC strategy. Based on the result of this research, CIRC strategy could improve the students’ reading comprehension through some steps of reading process. They are pre-reading, while-reading, and after-reading. Each step consists of some activities. In pre-reading the students build their knowledge through group discussion and prediction activity. In while-reading activity the students read the text and discuss the questions provided in their groups. To get deeper understanding they make a list of difficult words dealing with the text and find out the meanings. The last phase is after-reading, some groups retell the story in front of the class. Each member is responsible to tell their parts based on their understanding. To know their comprehension improvement, the students do the test with different materials. The results of this research showed that CIRC strategy could improve students’ reading comprehension. The percentage of the students whose score passed the KKM improved significantly; in preliminary test it was 47% then improved to 55% in Cycle 1 and 79% in Cycle 2. The average score of the students also increased gradually, from 72 in preliminary test to 78 in Cycle 1 and 83 in Cycle 2. The results of the observation checklist and field notes depict the vii students’ cooperativeness in learning process increased gradually by being active in learning process. Based on the result of this research, CIRC strategy is one of the recommended strategies for the teacher to teach reading in order to improve the students reading comprehension achievement and increase the students’ performance in learning process. This research is expected to encourage the teacher especially English teacher to consider a better way in teaching reading comprehension. It is also aimed to give an innovative way in making the teacher to be more creative in motivating the students in reading activity. This strategy can be implemented to the other aspect, for example to improve students writing or vocabulary mastery in teaching English.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/609/ 051506761
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 25 Sep 2015 15:37
Last Modified: 25 Sep 2015 15:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101828
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item