Efektivitas Metode Pembelajaran Drill dengan Menggunakan Gambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI Lintas Minat SMA Negeri6 Malang.

Cahaya, Riaunita (2015) Efektivitas Metode Pembelajaran Drill dengan Menggunakan Gambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI Lintas Minat SMA Negeri6 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya problematika yang dihadapi oleh siswa kelas XI lintas minat di SMA Negeri 6 Malang yang mana prestasi belajar bahasa Jepang siswa masih kurang. Hal ini dikarenakan minimnya metode pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar di kelas. Di dalam proses kegiatan belajar mengajar salah satunya pembelajaran bahasa, seorang guru harus memiliki strategi pembelajaran berbahasa yang baik agar siswa dapat belajar secara efektif, efisien, dan tujuan pengajaran dapat tercapai dengan baik. Salah satu cara yang dapat mencapai strategi tersebut yakni guru harus menguasai semua metode-metode pembelajaran selain itu guru juga harus bisa memanfaatkan media pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektivitas penggunaan metode drill dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang. (2) Bagaimana prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kosa kata bahasa Jepang setelah menggunakan metode drill. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas belajar kosa kata bahasa Jepang siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang dengan menggunakan metode pembelajaran drill. Sedangkan metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimental desain one group ini menggunakan teknik pre-test, treatment, dan post-test. Kemampuan siswa dalam belajar kosa kata bahasa Jepang pada kelas XI SMA Negeri 6 Malang setelah penelitian ini meningkat. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai pre-test siswa 52,15 meningkat menjadi 78,21 pada nilai rata-rata post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa t hitung 7,981 lebih besar dari t tabel 2,052 dengan taraf signifikansi 0,05 dengan df sebesar 27. Teknik ini dinilai efektif karena memudahkan siswa dalam menghafal kosa kata bahasa Jepang, hasil ini menunjukan bahwa pembelajaran kosa kata menggunakan metode pembelajaran drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pengajar untuk menggunakan metode pembelajaran drill. Serta bagi peneliti selanjutnya untuk meminimalisir kekurangan dari metode drill agar hasil yang diperoleh maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/584/051506736
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 29 Sep 2015 13:58
Last Modified: 18 Oct 2021 12:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101800
[thumbnail of EFEKTIVITAS_METODE_PEMBELAJARAN_DRILL_MENGGUNAKAN_KARTU_GAMBAR_UNTUK_MENINGKATKAN_PENGUASAAN_KOSAKATA_BAHASA_JEPANG__PADA~1.pdf]
Preview
Text
EFEKTIVITAS_METODE_PEMBELAJARAN_DRILL_MENGGUNAKAN_KARTU_GAMBAR_UNTUK_MENINGKATKAN_PENGUASAAN_KOSAKATA_BAHASA_JEPANG__PADA~1.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item