Adaptasi Lirik Lagu Nada Sou Sou Karya Ryoko Moriyama Ke Dalam Film Nada Sou Sou Karya Sutradara Nobuhiro Doi

Saktiningtyas, Arum (2015) Adaptasi Lirik Lagu Nada Sou Sou Karya Ryoko Moriyama Ke Dalam Film Nada Sou Sou Karya Sutradara Nobuhiro Doi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang adaptasi lagu Nada Sou Sou karya Ryoko Moriyama ke dalam film Nada Sou Sou karya Nobuhiro Doi. Lagu dan film menceritakan tentang tokoh utama yang mengalami kesedihan ketika orang yang dikasihinya meninggal dunia. Dalam penelitian ini peneliti memiliki tujuan untuk menunjukkan perubahan yang terjadi pada lirik lagu Nada Sou Sou saat di adaptasi menjadi sebuah film dengan judul yang sama, yaitu Nada Sou Sou. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori adaptasi, parafrase puisi struktur batin puisi, dan struktur film yang meliputi tema, alur, tokoh, dan latar. Hasil analisis menunjukkan bahwa film yang diadaptasi dari lagu memiliki perubahan dan persamaan. Perubahan tersebut ditunjukkan pada tema dan alur yang berbeda. Selain itu penambahan pada tokoh juga terjadi untuk menyesuaikan cerita dan konflik dalam film. Sedangkan persamaan terdapat pada latar yang tetap menggunakan latar yang sama seperti dalam lagu. Dalam penelitian selanjutnya disarankan untuk menganalisis karya lain dari adaptasi lagu ke film, misalnya film Hanamizuki, sehingga dapat memperkaya analisis tentang proses adaptasi karya sastra yang berasal dari lagu.

English Abstract

この論文は土井裕泰による映画『涙そうそう』における森山良子による楽曲『涙そうそう』の改作に関して研究する。楽曲も映画も大好きな人が死んだので、主演者の悲しさについて話す。研究者は同じタイトルの映画に改作させるとき、歌詞『涙そうそう』の変化を示したいである。 今回の研究に研究者は映画の構造と詩のパラフレーズと詩の内部構造と改作の理論を使っている。研究された映画の構造はテーマとプロットと出演者とバックグラウンドストーリーである。 結果は楽曲からの改作された映画が変化も類似点もあった。変化は違うテーマとプロットから示された。類似点はバックグラウンドストーリーにあった。映画のバックグラウンドストーリーは楽曲からの同じバックグラウンドストーリーを使っていた。 次の研究で他のデータを使って、同じ話題が研究できる。例えば、映画『ハナミズキ』である。そして、楽曲から作品までの改作についての研究が増加できる。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/573/ 051506725
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 21 Sep 2015 13:17
Last Modified: 21 Sep 2015 13:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101789
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item