Mariana (2015) A Study On Deaf Students’ High School Education Toward Their English Acquisition. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sebagai kampus inklusi, Universitas Brawijaya membuka pendaftaran bagi siswa difabel yang ingin menempuh pendidikan lebih lanjut di universitas pada tahun 2012. Oleh karena itu, Universitas Brawijaya memberikan layanan dan fasilitas bagi para siswa difabel melalui Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD). Ada beberapa siswa difabel disana, tetapi dalam studi ini peneliti fokus pada dua belas siswa Tuli pada tahun ajaran 2014/2015 yang berasal dari sekolah reguler maupun sekolah luar biasa. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan pemerolehan Bahasa Inggris para difabel khususnya tentang bagaimana pendidikan Sekolah Menengah Atas siswa tuli mempengaruhi pemerolehan Bahasa Inggris mereka karena bahasa Inggris merupakan matapelajaran yang sulit karena mereka tidak dapat mendengar dan berbicara. Penelitian pendahuluan dilakukan dengan cara memberikan tes kepada siswa Tuli. Hasilnya, ada lima dari dua belas siswa Tuli yang mendapat skor lebih baik (empat siswa berasal dari sekolah reguler dan satu siswa dari sekolah luar biasa). Peneliti melakukan wawancara untuk mengetahui alasan mengapa bahasa Inggris mereka lebih baik dari yang lain. Siswa tuli yang berasal dari sekolah reguler memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang lebih baik karena guru mengajar dan memperlakukan mereka sama seperti siswa normal lainnya. Beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan bahasa Inggris mereka adalah penggunaan media yang menarik oleh guru, kehadiran guru didalam kelas, penerjemah yang membantu proses belajar, dukungan serta bantuan dari teman-teman kelas dan apakah mereka mempelajari bahasa Inggris diluar kelas atau tidak. Namun, ada satu siswa tuli yang berasal dari Sekolah Luar Biasa yang mendapat skor yang lebih baik daripada yang lain karena guru mengajar dengan baik, menggunakan gambar dan meminta dia untuk menggambar. Dia merasa bahwa hal itu dapat membuatnya lebih mudah untuk belajar kosa kata Bahasa Inggris ketika guru memberikan penjelasan dan dia menggambar berdasarkan deskripsi dari gurunya tersebut. Oleh karena itu, guru harus mengadaptasi strategi pembelajaran, materi, dan media untuk meningkatkan penguasaan Bahasa Inggris siswa Tuli.
English Abstract
As an inclusive campus, Universitas Brawijaya opened the enrollment for students with disabilities who want to study further in university in 2012. Therefore, Universitas Brawijaya gives services and facilities to the students with disabilities through Center for Disabilities Studies and Services (Pusat Studi dan Layanan Disabilitas/PSLD). There were many students with disabilities there, but in this research, the researcher would focus on twelve Deaf students on academic year 2014/2015 from both regular and special needs school as the subjects. This study used a qualitative descriptive approach to describe English acquisition for the persons with disabilities especially on how the deaf students’ high school education affects their English acquisition because English is rather difficult for them since they cannot hear and produce any sounds. The preliminary study was done through a test which given to the Deaf students. As the result, there were five out of twelve Deaf students who got better score than others (four students from regular school and one student from special needs school). Then, the researcher did a deeper interview to them in order to know why their English is better than others. After the interview, it could be seen that the Deaf students who come from regular school have better ability in English because the teacher teaches them and treats them the same like the normal students. Several factors affecting their English are: interesting media used by the teacher, the presence of the teacher in the class, interpreter or volunteers who assist them in class, supports and help from friends and also their self-learning on English. Yet, there is one of the Deaf student who comes from special needs school who got better score than others too because the teacher teaches her using pictures and asks her to draw. She feels that it can make her easier to learn English vocabularies when the teacher gives her description and she draws a picture based on the description. Hence, the teachers should adapt the learning strategies, material and the media to enhance Deaf students’ ability in acquiring English.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/570/ 051506722 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 21 Sep 2015 15:30 |
Last Modified: | 21 Sep 2015 15:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101786 |
Actions (login required)
View Item |