Ayudeviana, Martha (2015) Analisis Metode dalam Pengajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Tunagrahita. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling menonjol di dunia. Bahasa Inggris telah digunakan untuk tujuan tertentu seperti dalam bisnis, politik, dan pendidikan. Di Indonesia, bahasa Inggris tidak hanya diajarkan di sekolah umum, tetapi juga di Sekolah Luar Biasa. Mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing bagi siswa penyandang cacat memberikan tantangan tersendiri karena pada dasarnya mengajar bahasa Inggris bagi siswa normal adalah sulit, terlebih bagi siswa tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis metode yang digunakan oleh guru dalam pengajaran bahasa Inggris untuk siswa tunagrahita yang mencakup beberapa aspek meliputi metode yang digunakan oleh guru, prinsip-prinsip dalam metode yang diterapkan, kegiatan yang dilakukan dalam metode yang diterapkan, dan peran guru dan siswa selama proses belajar mengajar. Desain penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMPLBN Kedungkandang, Malang. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII C yang terdiri dari 5 siswa tunagrahita ringan dan guru bahasa Inggris di kelas VIII C. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui observasi kelas selama tiga pertemuan dan wawancara dengan guru bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan oleh guru selama tiga pertemuan adalah Grammar Translation Method (GTM). Terdapat beberapa prinsip GTM yang muncul selama proses belajar mengajar: bahasa ibu siswa digunakan sebagai media pengajaran, tujuan GTM adalah untuk membuat siswa mampu menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lain, dan kemampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa target bukanlah tujuan pengajaran bahasa asing. Kegiatan yang dilakukan di dalam kelas yaitu menterjemahan. Guru mempunyai otoritas di dalam kelas dan peran siswa adalah mengikuti instruksi guru. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, penulis memberikan saran kepada sekolah untuk menyediakan guru pendamping untuk membantu guru yang mengajar kelas tunagrahita ringan. Berikutnya, guru bahasa Inggris perlu menerapkan metode pengajaran lain dan juga memaksimalkan penggunaan media. Terakhir, disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian yang lebih detail dalam area ini dengan desain penelitian yang berbeda atau fokus berbeda dan melakukan penelitian dalam waktu yang lebih lama agar mendapatkan hasil yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/561/051506690 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Indah Nurul Afifah |
Date Deposited: | 28 Sep 2015 09:25 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 12:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101778 |
Preview |
Text
SKRIPSI_PDF.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |