Nurussobach (2015) Ideological Construction behind SATU Indonesia Campaign Advertisement Posted by Astra Group in the Jakarta Post Newspaper. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sebagai wacana, iklan memiliki ideologi yang mampu membentuk pikiran dan persepsi masyarakat, dan juga membujuk masyarakat untuk mengambil tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ideologi yang dibangun dalam iklan kampanye SATU Indonesia Diposting oleh Grup Astra di Surat Kabar Jakarta, pada Peringatan Hari Deklarasi Janji Pemuda di Indonesia, 28 Oktober 2014. Penelitian ini menggunakan model CDA Fairclough yang terdiri dari dari tiga tahap. Analisis tekstual, praktik diskursif dan praktik sosiokultural. Ada dua masalah dalam penelitian ini. Yang pertama adalah tentang konstruksi ideologis di balik iklan kampanye SATU Indonesia. Masalah kedua adalah tentang efek dari ideologi yang dibangun dalam iklan kampanye terhadap kaum muda. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis data. Ada dua jenis data. Itu adalah teks iklan kampanye yang diambil dari surat kabar Jakarta Post, dan pembaca `diperoleh dengan mendistribusikan kuesioner kepada mahasiswa semester delapan dari Bahasa Inggris di Universitas Brawijaya yang mendapat 500 berakhir dengan skor TOEFL pada 2014. Dalam penelitian ini, penulis menemukan tiga frasa menunjukkan konstruksi ideologi. Itu `berkontribusi untuk membangun Indonesia baru`, `satu tanah, satu bangsa, satu bahasa. Indonesia `, dan` melangkah maju dengan Indonesia `. Dengan menganalisis ketiga frasa tersebut, penulis menemukan bahwa Astra Group telah membangun ideologi SATU Indonesia sebagai tanggung jawab sosial perusahaan atau tindakan nyata dari Astra Group untuk memberikan nilai tambah untuk membangun Indonesia. Dalam hal ini, Grup Astra mencoba membujuk para pemuda untuk meningkatkan kualitas mereka dan melakukan tindakan nyata untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Namun, penulis juga menemukan bahwa ideologi iklan kampanye tidak dibangun dengan baik. Ini memengaruhi pikiran pemuda bahwa Indonesia membutuhkan tindakan nyata dari kaum muda sebagai kontribusi untuk mencapai kemajuan, tetapi kaum muda belum termotivasi untuk melakukan tindakan nyata yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Astra.
English Abstract
As a discourse, advertisement has an ideology which is able to shape society‟s mind and perception, and also persuade society to take an action. This research aims to reveal the ideology constructed in SATU Indonesia campaign advertisement posted by Astra Group in the Jakarta Post newspaper, at the commemoration of Youth Pledge declaration day in Indonesia, October 28, 2014. This research uses Fairclough‟s Model of CDA that consists of three stages; textual analysis, discursive practice and sociocultural practice. There are two problems in this research. The first is about the ideological construction behind SATU Indonesia campaign advertisement. The second problem is about the effects of the ideology constructed in the campaign advertisement towards the youth. In this research, the writer uses qualitative approach to analyze the data. There are two kinds of data. Those are the campaign advertisement text taken from the Jakarta Post newspaper, and readers‟ opinion gained by distributing questionnaire to the eighth semester students of English at Universitas Brawijaya which got 500 ends up for TOEFL score in 2014. In this research, the writer found three phrases indicate ideology construction. Those are “Contributes to building a new Indonesia”, “One Land, One Nation, One Language. INDONESIA”, and “Stride forward with Indonesia”. By analyzing those three phrases, the writer found that Astra Group has constructed the ideology of SATU Indonesia as a Corporate Social Responsibility or a real action from Astra Group to provide added value in order to building a new Indonesia. In this case, Astra Group tries to persuade the youth to improve their quality and to do a real action to give benefit for society. However, the writer also found that the ideology of the campaign advertisement is not well constructed. It influences youth‟s mind that Indonesia needs real actions from the youth as the contribution to reach the advancement, but the youth have not been motivated to do any real action that can give benefit for society as expected by Astra Group.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/558/051506687 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 19 Oct 2015 14:44 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 11:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101774 |
Preview |
Text
Skripsi_(Nurussobach).pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |