The Teaching of English in SMA Negeri 1 Lawang.

Setiyowati, NiaEka (2015) The Teaching of English in SMA Negeri 1 Lawang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Inggris diajarkan di sekolah dasar, junior, sekolah menengah atas, dan sekolah menengah. Di sekolah menengah, bahasa Inggris menjadi subjek wajib dengan penjatahan waktu 80 hingga 90 menit dalam satu pertemuan. Di sekolah menengah atas, ada beberapa perangkat pengajaran seperti silabus, rencana pelajaran, bahan instruksional, media instruksional, teknik, dan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Lawang. Studi ini menggambarkan silabus, rencana pelajaran, bahan instruksional, media instruksional, teknik dan penilaian yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Lawang. Studi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek utama adalah satu guru bahasa Inggris. Untuk menyelesaikan data, peneliti menggunakan panduan wawancara dan lembar observasi. Sumber data adalah apa yang guru lakukan dalam proses belajar mengajar di kelas yang relevan dengan pertanyaan penelitian. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan prosedur berikut: Kumpulkan data, mengatur data, mengklasifikasikan data ke dalam unit, dan merangkum data. Analisis yang ditemukan peneliti adalah silabus dan rencana pelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Bahan pengajaran yang digunakan di kelas untuk buku kerja / lks, yang digunakan oleh guru adalah Mandiri, jalur bahasa Inggris, dan pintar dalam bahasa Inggris dari Erlangga tetapi Bagi para siswa memiliki satu buku teks dari Pemerintah dan LKS dari CV Hayati Tumbuh Subur Solo (HTS). Media pembelajaran yang digunakan adalah gambar, laptop, proyektor LCD, tape recorder, TV, dan lainnya. Metode pengajaran yang digunakan adalah presentasi siswa, pertanyaan dan jawaban, diskusi, dan permainan peran. Penilaian yang digunakan oleh guru tertulis dan penilaian lisan seperti penyajian atau penilaian informal dan penilaian sumatif. Dalam kurikulum 2013, guru menggunakan penilaian afektif, psikomotor, dan kognitif. Berdasarkan analisis di atas, peneliti menemukan bahwa sekolah ini menggunakan kurikulum 2013. Format silabus dan rencana pelajaran cocok dengan kurikulum 2013. Guru menggunakan banyak buku teks dan banyak buku kerja untuk mengajar Bahasa Inggris. Ada banyak media yang digunakan guru. Teknik yang digunakan guru adalah presentasi siswa, pertanyaan dan jawaban, diskusi, dan permainan peran. Untuk penilaian, guru menggunakan penilaian dan penyajian tertulis. Guru menggunakan penilaian afektif, psikomotor, dan kognitif. Peneliti menyarankan untuk peneliti masa depan bahwa penelitian ini bisa menjadi titik awal dan referensi. Peneliti merekomendasikan kepada peneliti masa depan untuk melakukan penelitian dengan topik pengajaran bahasa Inggris tetapi di kelas akselerasi.

English Abstract

English is taught in elementary, junior, senior high school, and higher school. In secondary school, English becomes a compulsory subject with time allotment 80 up to 90 minutes in one meeting. In senior high school, there are some teaching devices like syllabus, lesson plans, instructional material, instructional media, techniques, and assessment. This present study is aimed to describe the teaching of English in SMA Negeri 1 Lawang. The study describes the syllabus, lesson plans, instructional materials, instructional media, techniques and assessments that used by the English teacher in SMA Negeri 1 Lawang. The study was descriptive qualitative research. The main subject was one English teacher. For completing the data, the researcher used interview guide and observation sheet. The sources of data were what the teachers do in the teaching and learning process in the classroom which is relevant to the research questions. The collected data were analyzed by the following the procedures: collect the data, organize the data, classify the data into units, and summarize the data. The analysis that the researcher found were syllabus and lesson plan based on curriculum 2013. The instructional materials that were used in the class for workbook/ LKS, that was used by the teacher was Mandiri, Pathway to English, and Smart in English from Erlangga but for the students had one textbook from government and LKS from CV Hayati Tumbuh Subur Solo (HTS). Instructional media used were picture, laptop, LCD Projector, tape recorder, TV, and others. The teaching methods which used were student’s presentations, questions and answer, discussion, and role play. The assessment that was used by teacher written and spoken assessment like presentation or informal assessment and summative assessment. In curriculum 2013, the teacher used affective, psychomotor, and cognitive assessment. Based on the analysis above, the researcher found that this school used curriculum 2013. The format of syllabus and lesson plan was suitable with curriculum 2013. Teacher used many textbooks and many workbooks for teaching English. There were many media that teacher used. The techniques that the teacher used are student’s presentation, questions and answers, discussion, and role play. For the assessment, teacher used written assessment and presentation. The teacher used affective, psychomotor, and cognitive assessment. The researcher suggested for future researchers that this research could be a starting point and a reference. Researcher recommended to the future researcher to conduct the research with topic of the teaching of English but in the acceleration class.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/550/0051506679
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 25 Sep 2015 15:20
Last Modified: 18 Oct 2021 11:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101765
[thumbnail of NIA_EKA_SETIYOWATI_115110501111009.pdf]
Preview
Text
NIA_EKA_SETIYOWATI_115110501111009.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item