The Use of Short Stories in Improving Students’ Vocabulary (A Classroom Action Research at SMA Negeri 4 Probolinggo).

Erdiana, Ria (2015) The Use of Short Stories in Improving Students’ Vocabulary (A Classroom Action Research at SMA Negeri 4 Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kosakata pengajaran adalah bagian penting dari pengajaran bahasa Inggris. Kosakata adalah jantung untuk membangun bahasa karena itu adalah kompetensi linguistik dasar untuk dikuasai. Bahkan, mengajar bahasa Inggris itu tidak mudah. Dari studi pendahuluan, ditemukan bahwa hanya 2 dari 30 siswa (7%) mencapai skor standar 75 dalam tes kosakata. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa menggunakan cerita pendek karena dari beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penggunaan cerita pendek di kelas bahasa Inggris dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari satu siklus. Siklus ini terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, penerapan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa XI IPS 1 di SMA Negeri 4 Probolinggo, pada semester 2 tahun akademik 2014/2015. Langkah-langkah yang digunakan peneliti untuk mengajar kosakata menggunakan cerita pendek sedang membahas sebuah cerita pendek, meminta siswa untuk membaca cerita pendek dalam kelompok dan menemukan kata-kata yang tidak dikenal, meminta siswa untuk mempresentasikan pekerjaan kelompok mereka sementara kelompok lain mendengarkan dan mencoba untuk memberikan makna Dari kata-kata itu, memberikan pertanyaan tentang cerita, memberikan latihan kosa kata dan memberikan tes kosakata. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah panduan wawancara, daftar periksa observasi, catatan lapangan, tes kosakata, dan kuesioner. Data tentang kemajuan siswa dalam penguasaan kosakata diambil dari tes kosakata, sedangkan daftar periksa observasi, catatan lapangan, dan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Kriteria kesuksesan diambil dari KKM sekolah, itu 80% dari siswa memperoleh sama atau lebih tinggi dari 75 dalam tes kosakata. Pada akhir penelitian, 90% siswa dapat melewati KKM. Ini berarti bahwa penelitian ini memenuhi kriteria kesuksesan. Dari hasil catatan lapangan dan daftar periksa observasi, ditemukan bahwa siswa memiliki partisipasi aktif di kelas selama proses pengajaran dan pembelajaran. Ini juga didukung oleh hasil kuesioner bahwa sebagian besar siswa seperti menggunakan cerita pendek dalam proses belajar mengajar. Mereka juga sepakat bahwa menggunakan cerita pendek dapat meningkatkan penguasaan kosakata mereka. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi guru untuk menggunakan cerita pendek sebagai salah satu media pengajaran karena berguna dalam meningkatkan kosakata siswa dan motivasi mereka. Saran kedua adalah untuk peneliti berikutnya, mereka disarankan untuk menggunakan cerita pendek dalam meningkatkan kemampuan berbicara untuk tingkat siswa yang berbeda.

English Abstract

Teaching vocabulary is important part of English teaching. Vocabulary is the heart to build a language because it is the basic linguistic competence to be mastered. In fact, teaching English was not easy. From the preliminary study, it was found that only 2 out of 30 students (7%) reached the standard score 75 in vocabulary test. Therefore, the aim of this study was to improve the students’ vocabulary mastery using short stories because from some previous studies showed that the use of short stories in English class could improve the students’ vocabulary mastery. This research was a classroom action research, which consisted of one cycle. This cycle consisted of four steps, namely planning, implementing, observing, and reflecting. The subjects of this study were 30 students of XI IPS 1 at SMA Negeri 4 Probolinggo, in the 2nd semester of academic year of 2014/2015. The steps that the researcher used to teach vocabulary using short stories were discussing a short story, asking students to read short stories in group and found unfamiliar words, asking the students to present their group work while the other group listen and try to give the meaning of those words, giving comprehending questions about the story, giving a vocabulary exercise and giving vocabulary test. The instruments used to collect the data were interview guide, observation checklist, field notes, vocabulary test, and questionnaire. The data about students’ progress in vocabulary mastery was taken from vocabulary test, while the observation checklist, field notes, and questionnaire were used to collect the qualitative data. The criterion of success was taken from the school KKM, it was 80% of the students obtain equal or higher than 75 in vocabulary test. In the end of the research, 90% of the students could pass the KKM. It means that the research was met the criteria of success. From the result of field notes and observation checklist, it was found that the students had active participation in the class during the teaching and learning process. It also supported by the result of questionnaire that most of the students were like using short stories in teaching and learning process. They were also agreed that using short stories could improve their vocabulary mastery. Based on the result of the study, it was suggested for the teacher to use short stories as the one of teaching media since it useful in improving students’ vocabulary and their motivation. The second suggestion was for the next researcher, they were suggested to use short stories in improving speaking ability for different students’ level.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/546/051506675
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Sep 2015 11:19
Last Modified: 18 Oct 2021 11:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101760
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item