Pengaruh Media Flashcard dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar.

Nadiroh, Cholisatun (2015) Pengaruh Media Flashcard dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalahkelemahan siswa dalam menulis cerpen. Mereka kesulitan menuliskan kalimat atau paragraf menulis cerpen tanpa adanya rangsangan yang membantu mereka untuk menggali ide dan mengembangkannya menjadi sebuah cerpen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media flashcard dalam kemampuan menulis cerpen siswa kelas X MAN Tlogo Blitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Ancangan penelitian yang digunakan true experimental design dengan model pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian adalah media flashcard dan kemampuan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MAN Tlogo Blitar. Sampel dalam penelitian ini kelas XD dan XH (XAg1). Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, wawancara, observasi, dan uji coba instrmen. Dua uji untuk mengetahui kelayakan instrumen, validitas dan reliabilitas. Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini berupa validitas isi dan validitas butir soal data kontinue. Uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus alpha cronbach. Suatu instrumen dikatakan reliabel jika nilai koefisien yang didapat lebih dari 0,6. Hasil perhitungan uji reliabilitas menunjukkan 0,778. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t, dengan memenuhi prasyarat analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media flashcard dalam kemampuan menulis cerpen siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan uji-t pada kelompok eksperimen, pada -thitung sebesar -6.899 dengan df 62 dan -ttabel sebesar -2.042 pada taraf signifikansi 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media flashcard berpengaruh pada pembelajaran menulis cerpen karena nilai -thitung< -ttabel (-6,899 <-2,042). Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan penggunaan media flashcard memiliki pengaruh dalam kemampuan menulis cerpen siswa kelas X MAN Tlogo Blitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/545/051506674
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 28 Sep 2015 10:48
Last Modified: 18 Oct 2021 11:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101759
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item