Tania, Mutia (2015) The World behind Images: Semiotic Analysis in Allianz Insurance Advertisements. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Iklan lebih dari menghasilkan koneksi antara orang-orang tertentu dan jenis produk tertentu. Salah satu iklan adalah iklan asuransi Allianz. Penelitian ini mencoba menganalisis tanda-tanda iklan cetak allianz. Ada dua masalah penelitian yang perlu dijawab, mereka adalah. (1) Apa tanda semiotik yang ditemukan dalam iklan asuransi allianz yang dicetak? dan (2) Apa arti dari setiap tanda dalam iklan asuransi allianz yang dicetak? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanda-tanda dan makna tanda-tanda yang ditemukan dalam iklan asuransi allianz. Penelitian ini menggunakan teori Peirce (1958) untuk menganalisis dan menemukan tanda-tanda. Dalam penelitian ini, penelitian kualitatif digunakan karena data disajikan dalam bentuk deskripsi. Data penelitian ini diambil dari iklan Asuransi Allianz. Dalam penelitian ini, alasan mengapa iklan Allianz dipilih karena ada banyak jenis tanda dalam iklan ini. Iklan diperoleh dari situs web resmi Allianz. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis dalam hal tanda-tanda jenis (ikon, indeks, simbol) dan makna setiap tanda yang digunakan. Temuan ini menunjukkan bahwa berdasarkan teori Peirce, ada 96 tanda yang ditemukan dalam iklan ini yang berisi 44 ikon, 27 indeks, dan 25 simbol. Dalam proses analisis, ada beberapa tanda yang ditemukan dalam penelitian untuk mencari makna tanda itu sendiri, ada kesehatan, umum, kehidupan, dan asuransi syariah. Dengan menempatkan konsep ini, secara tidak langsung konsumen dapat mengetahui niat pengiklan yang dapat dipahami oleh konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan ini juga menekankan bahwa asuransi AD Allianz memiliki peran penting dalam kehidupan, karena allianz dapat memberikan solusi untuk masalah. Saranya adalah untuk peneliti berikutnya untuk melakukan penelitian dengan objek yang berbeda seperti brosur, sampul majalah, dll. Mereka dapat memberikan analisis yang lebih dalam pada ikon, indeks, simbol, dan makna masing-masing tanda. Peneliti berikutnya juga dapat memperhatikan lebih banyak tentang warna di pihak lain untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif.
English Abstract
Advertisement is more than making connections between certain people and certain kinds of product. One of the advertisements is Allianz insurance advertisement. This research try to analyze the sign of Allianz‟s printed advertisement. There are two problems of the study that need to be answered, they are; (1) what are the semiotic signs found in printed Allianz insurance advertisement? and (2) what is the meaning of each sign in printed Allianz insurance advertisement?. The purposes of this study are to find out the signs and the meaning of the signs found in Allianz insurance advertisement. This study uses Peirce (1958) theory to analyze and find the signs. In this study, qualitative research is used because the data are presented in the form of descriptions. The data of this study are taken from the advertisements of Allianz insurance. In this study, the reason why the Allianz advertisements are chosen because there are many kinds of sign in this advertisement. The advertisement is obtained from Allianz official website. The data in this study are collected and analyzed in terms of the types signs (icon, index, symbol) and the meaning of each sign used. The finding showed that based on Peirce‟s theory, there are 96 signs found in this advertisement containing of 44 icons, 27 indexes, and 25 symbols. In the process of analysis, there are some signs that are found in the research to seek the meaning of the sign itself, there are Health, General, Life, and Sharia Insurance. By placing this concept, indirectly the consumer can know the intentions of advertisers that can be understood by consumers. The result showed that this advertisement also emphasizes that ad Allianz insurance has an important role in the life, because Allianz can provide solutions to problems. The suggestion is for the next researcher to conduct research with different objects such as brochure, magazine cover, etc. They can give deeper analysis on icons, indexes, symbol, and the meaning of each sign. The next researcher can also concern more about color in other to get a more comprehensive result.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/541/051506670 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 29 Sep 2015 11:12 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 11:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101755 |
Preview |
Text
13_Agustus_2015.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |