Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Pendekatan Komunikatif Bagi Siswa Tunagrahita Ringan.

Sari, LiyaPuspita (2015) Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Pendekatan Komunikatif Bagi Siswa Tunagrahita Ringan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Luar Biasa (SLB) 2006 bertujuan agar siswa setelah belajar bahasa mampu berkomunikasi dalam masyarakat pengguna bahasa. Permasalahan dalam penelitian adalah minimnya perbendaharaan kata yang dimiliki oleh siswa tunagrahita ringan yang berpengaruh pada hasil kemampuan bercerita siswa pada kompetensi dasar menceritakan kembali isi drama pendek. Pendekatan komunikatif dipilih sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada siswa tunagrahita ringan dalam kemampuan berbicara dengan alasan prinsip pendekatan komunikatif yang melibatkan siswa aktif berkomunikasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara meningkatkan kemampuan berbicara melalui pendekatan komunikatif bagi siswa tunagrahita ringan Sekolah Dasar Luar Biasa Kurnia Asih Ngoro Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui pendekatan komuninkatif di Sekolah dasar Luar biasa Kurnia Asih Ngoro Jombang yang dilaksanakan dalam dua siklus dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI-C yang berjumlah 6 orang yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 75 siklus II sebesar 83. Dilihat dari hasil tes berbicara pada siklus I diketahui 4 siswa dari 6 siswa telah mencapai nilai KKM (71) dengan persentase ketuntasan 66,7%, kemudian pada siklus II diketahui 4 siswa dari 5 siswa telah mencapai KKM (71) dengan persentase ketuntasan 80%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/540/051506669
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Sep 2015 09:47
Last Modified: 18 Oct 2021 11:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101754
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2._COVER_DALAM.pdf]
Preview
Text
2._COVER_DALAM.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3._BAB_I.pdf]
Preview
Text
3._BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_II.pdf]
Preview
Text
4._BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_III.pdf]
Preview
Text
5._BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
6._BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_V.pdf]
Preview
Text
7._BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_VI.pdf]
Preview
Text
8._BAB_VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 11._ABSENSI_SISWA.pdf]
Preview
Text
11._ABSENSI_SISWA.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item