Word Formation Analysis of Internet Slang Found in Kaskus.

Subhakti, Agung (2015) Word Formation Analysis of Internet Slang Found in Kaskus. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Forum Internet adalah komunitas online di mana anggotanya dapat berbagi atau menanyakan sesuatu dalam bentuk pesan yang diposting. Salah satu contoh forum Internet adalah Kaskus. Di Kaskus kita dapat menemukan beberapa fenomena bahasa seperti bahasa gaul internet. Penggunaan bahasa yang unik ini memiliki arti dan penggunaan yang berbeda dari apa yang biasanya dilihat orang dalam kehidupan nyata. Penggunaan slang Internet di forum di dalam Kaskus hanya dapat dipahami oleh anggota forum. Penggunaan Internet Slang yang unik ini adalah salah satu alasan mengapa peneliti melakukan penelitian tentang gaul Internet dalam tesis ini kepada: (1) Cari tahu jenis-jenis bahasa gaul Internet yang digunakan di situs web Kaskus (2) Menganalisis Proses Formasi Kata dari Kata-kata slang yang digunakan di situs web Kaskus. Teori penelitian ini berasal dari Crystal (2009) dan Yule (1996). Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk menangani data yang dalam bentuk kata-kata sebagai temuan dan semua data dalam menemukan akan disajikan dan dibahas secara deskriptif. Peneliti mengambil data dari beberapa utas yang ditemukan di Sub Forum CCPB (Cara Curang Dan Program Bajakan) Forum Komputer dan Stuff di situs web Kaskus. Penelitian ini mengungkapkan penggunaan beberapa jenis slang Internet di Kaskus. Data ini ditemukan di Kaskus kemudian diatur dalam tabel. Peneliti kemudian menggunakan teori Formasi Word untuk menganalisis data untuk menjawab masalah penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 4 dari 6 jenis slang internet dapat ditemukan di Kaskus. Slang Internet ini digunakan untuk menyampaikan makna yang berbeda dari penggunaan kata yang sebenarnya. Untuk para peneliti berikutnya yang ingin melakukan penelitian tentang bahasa gaul Internet, disarankan untuk menggunakan situs web lain untuk mendapatkan tampilan penggesek Internet. Selanjutnya peneliti ingin menyarankan untuk mengadakan penelitian tentang bagaimana penggunaan gaul Internet di Internet yang mempengaruhi kehidupan nyata pengguna. Biasanya orang yang menggunakan gaul di Internet juga akan menggunakannya pada kehidupan nyata mereka. Bagaimana ini mempengaruhi kehidupan nyata mereka bisa menarik untuk dipelajari.

English Abstract

Internet forum is an online community where its member can share or ask something in a form of posted message. One of the examples of internet forum is Kaskus. In Kaskus we can find some language phenomena like internet slang. This unique uses of language has different meaning and use from what people usually see in real life. The use of internet slang in a forum inside of Kaskus can only be understood by the member of the forum. This unique uses of internet slang is one of the reasons why the researcher conducts a study about internet slang in this thesis to : (1) Find out the types of internet slang used in Kaskus website (2) Analyze the word formation process of the of the slang words used in Kaskus website. The theories of this research are from Crystal (2009) and Yule (1996). The researcher used qualitative approach to deal with data that are in the form of words as the findings and all of the data in finding will be presented and discussed descriptively. The researcher take the data from some of the threads found in CCPB (Cara Curang dan Program Bajakan) sub forum of Computer and stuff forum on Kaskus website. This study revealed the use of some types of internet slang in Kaskus. These data found in Kaskus then being organized in tables. The researcher then uses word formation theory to analyze the data to answer the problem of the study. The result of this study shows that there are 4 out of 6 types of internet slang can be found in Kaskus. This internet slang is used to convey a different meaning from the actual use of the word. For the next researchers who want to have a research about internet slang, it is suggested to use another website to get a boarder view of internet slang. Furthermore the researcher would like to suggest on having a research about how the use of internet slang on the internet affecting the real life of the user. Usually people who use slangs on the internet will also use them on their real life. How this is affecting their real life could be interesting to be learnt.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/525/051506654
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Sep 2015 11:04
Last Modified: 21 Oct 2021 03:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101737
[thumbnail of appendix.pdf]
Preview
Text
appendix.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Bab_1_-_5_fix_part_2_.pdf]
Preview
Text
Bab_1_-_5_fix_part_2_.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 9._APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9._APPENDICES.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2._COVER_(Dalam_edited).pdf]
Preview
Text
2._COVER_(Dalam_edited).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1.Cover_Luar_Edited.pdf]
Preview
Text
1.Cover_Luar_Edited.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item