Kajian Estetika Gambar Anak Usia 4-6 tahun di TK Kolese Santo Yusup (Hwa Ind) Malang Bertema Pemandangan.

Wijaya, ArifAdi (2015) Kajian Estetika Gambar Anak Usia 4-6 tahun di TK Kolese Santo Yusup (Hwa Ind) Malang Bertema Pemandangan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak di usia 4-6 tahun berada pada masa keemasan kreatifitasnya yang menjadikan peneliti tertarik untuk membahas hasil karyanya lebih dalam. Jenjang pendidikan anak usia 4-6 tahun pada umumnya masih berada di tingkat Taman Kanak-kanak (TK). Di Malang, salah satu TK yang memiliki prestasi terbaik di bidang seni, khususnya seni rupa adalah TK Kolese Santo Yusup (Hwa Ind). Peneliti memilih TK tersebut sebagai lokasi penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas gambar anak dalam konteks estetika dan kecenderungan tipe gambar anak. Pembahasan dalam pnelitian ini berfokus pada aspek psikologis yang berpengaruh terhadap proses menggambar anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Objek penelitian adalah gambar anak bertema pemandangan serta anak usia 4-6 tahun di TK Kolese Santo Yusup (Hwa Ind) Malang. Dalam pembahasan, ditemukan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi kecenderungan gambar anak, diantaranya faktor psikologis, bakat dan kemampuan serta faktor lingkungan. Secara umum, gambar anak yang dikatakan bagus adalah gambar anak dengan tipe visual karena memilliki kemiripan dengan objek sebenarnya. Hasil yang didapatkan adalah rata-rata anak yang mampu menghasilkan gambar bertipe visual adalah anak usia 6 tahun, namun ada beberapa gambar anak usia 4 dan 5 tahun yang juga bertipe visual. Anak usia 5 tahun berada pada masa peralihan, sehingga hasil analisis menunjukkan, dari 5 anak yang berusia 5 tahun, 4 gambar bertipe visual dan 1 gambar bertipe haptic. Sedangkan anak usia 4 tahun masih berada pada masa pra-bagan diamana anak belum bisa menggambar objek secara global. Namun, berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dari 3 anak yang berusia 4 tahun, hanya 1 gambar yang bertipe visual. Dengan demikian, maka proses menggambar anak lebih mengarah pada proses meniru objek yang sebenarnya. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa tipe visual dari gambar anak dipengaruhi oleh faktor psikologis, bakat dan kemampuan serta faktor lingkungan yang dihasilkan oleh proses meniru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/521/051506650
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Sep 2015 10:49
Last Modified: 21 Oct 2021 03:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101734
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf] Other
Cover.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item