Perilaku Androgini pada Diri Fujii Emi dalam Drama Televisi Watashi Ga Renai Dekinai Riyuu Karya Sutradara Ishii Yuusuke.

SusantiMei (2015) Perilaku Androgini pada Diri Fujii Emi dalam Drama Televisi Watashi Ga Renai Dekinai Riyuu Karya Sutradara Ishii Yuusuke. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan gender adalah salah satu tema yang menarik sehingga memberikan ide untuk dijadikan film di televisi. Di zaman modern ini, perempuan mampu menyetarakan perannya dengan laki-laki. Dalam konteks ini terjadi penggabungan antara unsur feminin perempuan dan unsur maskulin yang umumnya dimiliki kaum laki-laki, kemudian lebih dikenal dengan istilah androgini. Penelitian ini akan menggunakan sumber data berupa drama televisi Jepang berjudul “Watashi Ga Renai Dekinai Riyuu”. Drama berseri ini bercerita tentang kehidupan Fujii Emi seorang gadis lajang yang menunjukkan pembagian peran karakter maskulin dan feminin dalam satu tubuh. Penelitian ini mengungkapkan karakter Fujii Emi sebagai cerminan perempuan androgini. Studi penelitian ini menggunakan teori gender dan androgini untuk menganalisis tokoh Fujii Emi berdasarkan pendapat dari Fakih dan Sandra Bem. Selain itu penulis juga menggunakan teori mise en scene untuk membantu memperjelas cerita dalam setiap cuplikan adegan. Hasil penelitian menunjukkan adanya identitas ambigender pada tokoh Fujii Emi direpresentasikan dengan karakter, penampilan, perilaku serta peran gender terhadap lingkungan sekitar. Androgini direpresentasikan dari penampilan Fujii Emi yang santai tanpa mempermasalahkan sisi feminin seperti make up; baju; serta pekerjaan, namun di sisi lain memiliki perasaan sensitif bila berhubungan dengan lawan jenis. Perasaan cinta kepada Hasegawa membuatnya merasakan kepedihan dan kebahagiaan sebagai perempuan. Perkataan tegas menandakan bahwa Fujii Emi dapat bertanggung jawab di antara teman laki-laki di tempat kerja. Serial drama TV Jepang ini dapat dikaji ulang dengan topik berbeda antara lain; fenomena bankonka 晩婚化 yang tercermin pada tokoh Fujii Emi, kajian terhadap kondisi psikologi tokoh Hanzawa Mako, kajian popculture terhadap gambaran perempuan modern.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/516/051506645
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Sep 2015 09:38
Last Modified: 10 Aug 2022 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101728
[thumbnail of MEI SUSANTI.pdf] Text
MEI SUSANTI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item