A Study of Teaching Speaking Techniques in English Conversation Club (ECC) at Eight Grade of Smp Negeri 10 Malang.

Putra, HendraSetya (2015) A Study of Teaching Speaking Techniques in English Conversation Club (ECC) at Eight Grade of Smp Negeri 10 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keterampilan berbicara adalah salah satu elemen penting dalam EFL (English as a Foreign Language), dimana speaking skill merupakan aspek yang perlu mendapat perhatian dan instruksi khusus. Tujuan pembelajaran keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris bagi para siswa adalah agar mereka dapat menggunakan bahasa untuk berkomunikasi secara efektif dan tepat dalam kehidupan sehari-hari. Di SMP Negeri 10 Malang ada sebuah program Bahasa Inggris yang disebut English Conversation Club (ECC) yang berfokus pada keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) teknik mengajar yang digunakan oleh guru (2) bagaimana penerapan teknik mengajar tersebut (3) bagaimana persepsi siswa terhadap teknik yang digunakan oleh guru. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dan siswa dari program ECC di kelas VII B. Ada beberapa instrumen untuk mengumpulkan data, instrumen tersebut adalah panduan wawancara, lembar observasi, dan kuesioner. Data tersebut diperoleh dari mulai tanggal 15 April 2015 sampai 25 Mei 2015, mencangkup observasi selama proses belajar mengajar di dalam kelas, penyebaran kuesioner kepada siswa, dan wawancara kepada guru Bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa teknik mengajar speaking yang diterapkan oleh guru pada program English Conversation Club (ECC) kelas 2 SMP Negeri 10 Malang. Teknik-teknik tersebut adalah modelling, using picture or picture story, sentence repetition, discussion, oral report, drama, and role-play. Dan persepsi siswa terhadap teknik mengajar yang digunakan oleh guru dapat disimpulkan bahwa teknik mengajar yang digunakan oleh guru sudah sangat tepat, siswa berpikir bahwa teknik mengajar yang digunakan oleh guru membuat pelajaran lebih menarik dan mudah dimengerti, tetapi masih ada beberapa siswa yang masih kesulitan dengan teknik mengajar yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/515/051506644
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 25 Sep 2015 09:54
Last Modified: 21 Oct 2021 03:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101727
[thumbnail of Chapter_5_CONCLUSSION_AND_SUGGESTION.pdf]
Preview
Text
Chapter_5_CONCLUSSION_AND_SUGGESTION.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of APPENDICES.pdf]
Preview
Text
APPENDICES.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Chapter_4_FINDINGS_AND_DISCUSSION.pdf]
Preview
Text
Chapter_4_FINDINGS_AND_DISCUSSION.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRACK_ETC.pdf]
Preview
Text
ABSTRACK_ETC.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Chapter_1_iNTRODUCTION.pdf]
Preview
Text
Chapter_1_iNTRODUCTION.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Chapter_2_REVIEW_OF_RELATED_LITERATURE.pdf]
Preview
Text
Chapter_2_REVIEW_OF_RELATED_LITERATURE.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Chapter_3_RESEARCH_METHODS.pdf]
Preview
Text
Chapter_3_RESEARCH_METHODS.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item