Pengaruh Teknik Catatan Pangkat terhadap Kemampuan Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi Siswa Kelas VII MTs Negeri Langkapan, Srengat, Blitar.

Fatonah, Ni`matul (2015) Pengaruh Teknik Catatan Pangkat terhadap Kemampuan Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi Siswa Kelas VII MTs Negeri Langkapan, Srengat, Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Siswa kelas VII MTs N Langkapan, Srengat, Blitar mengalami kesulitan dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi. Kesulitan yang dialami siswa disebabkan teknik ceramah kurang cocok diterapkan dalam pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi. Untuk memudahkan siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi, diterapkan teknik catatan pangkat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan serta mengetahui perbedaan dan pengaruh penerapan teknik catatan pangkat terhadap kemampuan mengubah teks wawancara menjadi narasi siswa kelas VII MTs N Langkapan, Srengat, Blitar. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif, ancangan eksperimen sungguhan, dan desain penelitian pretest-posttes control group design. Sampel penelitian diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Uji validitas yang digunakan meliputi validitas isi dan validitas butir soal continue. Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Analisis data dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh perbedaan kemampuan mengubah teks wawancara menjadi narasi. Pada kelompok kontrol terdapat 19% siswa memeroleh skor kategori rendah, 53% siswa memeroleh skor kategori sedang, dan 28% siswa memeroleh skor kategori tinggi. Pada kelompok eksperimen terdapat 16% siswa memeroleh skor kategori rendah, 56% siswa memeroleh skor kategori sedang, dan 28% siswa memerolah skor kategori tinggi. Berdasarkan perhitungan perbandingan hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diketahui besarnya th (thitung) kelompok kontrol sebesar -1,321. Hal ini menunjukkan th lebih besar dari ttb (ttabel) (th: -1,321> ttb: -2,042). Pada kelompok eksperimen besarnya th (thitung) sebesar -4,804. Hal ini menunjukkan th lebih kecil dari ttb (th: -4,804 < ttb: -2,042). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diterapkannya teknik catatan pangkat pada kemampuan mengubah teks wawancara menjadi narasi.

English Abstract

Students in class VII of MTs N Langkapan, Srengat, Blitar found the difficulties of modifying interview text into narrative text. This difficulties were due to the lecturing technique was not suitable in the learning of modifying interview text into narrative text. To make the students able to modify interview text into narrative text, it was important to use ―catatan pangkat‖ technique in learning process. This research was aimed to find out the difference and the influence of ―catatan pangkat‖ technique to the capability modifying interview text into narrative text of the students in class VII of MTs N Langkapan, Srengat, Blitar. The kind of research was quantitative experimental with design pretest- posttest control group. This research also used simple random sampling. It uses validity test including content validity and continue test validity. While to see the reliability of the test, it used Cronbach’s Alpha formula. The data analysis used in this research are normality test, homogeneity test, and t test. The result of this research showed that there were a difference in modifying interview text into narrative text. There were 19% students got low score, 53% students got medium score, and 28% students got high score in control group. While in the experiment group there were 16% students got low score, 56% students got medium score and 28% students got high score. Based on the computation, the comparison of the pretest and posttest value of t test in control group and experiment group is -1,321. It showed that th were higher than ttb it was (th: -1,321> ttb: -2,042). In experiment group, the value of th was -4,804. It showed that th was lower than ttb it was (th: -4,804 < ttb: -2,042). It could be concluded that there were significant influence of the ―catatan pangkat‖ technique to the experiment group in modifying interview text into narrative text.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/509/051506638
Uncontrolled Keywords: eks wawancara, narasi, teknik catatan pangkat, kemampuan mengubah teks,- A interview text, narrative, ―Catatan Pangkat‖ technique, change a text
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Sep 2015 15:48
Last Modified: 09 Nov 2021 08:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101720
[thumbnail of Skripsi_Ni'matul_Fatonah.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Ni'matul_Fatonah.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item