Kesalahan Perubahan Verba Bentuk ~Masu ke dalam Bahasa Hormat (Sonkeigo) Bentuk Khusus pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2012 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya.

Putra, ArdyAnggaraPratama (2015) Kesalahan Perubahan Verba Bentuk ~Masu ke dalam Bahasa Hormat (Sonkeigo) Bentuk Khusus pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2012 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di jaman yang maju ini bahasa hormat dianggap sulit. Contohnya saja dikalangan anak muda yang hidup di kota metropolitan. Bukan hanya karena takut salah dalam menerapkan tetapi juga karena kurangnya kosa kata yang dimiliki. Melihat hal tersebut penulis mengambil tema kesalahan dalam merubah verba bentuk ~masu ke dalam bahasa hormat (sonkeigo) bentuk khusus guna meminimalisir kesalahan yang dibuat oleh pemelajar. Dari latar belakang tersebut penulis penulis merumuskan masalah sebagai berikut: 1). Bagaimanakah jenis kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2012 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya dalam merubah Verba bentuk ~Masu ke dalam Bahasa Hormat (Sonkeigo) Bentuk Khusus; 2) Apakah penyebab kesalahan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2012 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya dalam merubah Verba Bentuk ~Masu ke dalam Bahasa Hormat (Sonkeigo) Bentuk Khusus. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif karena dalam penilitian ini akan menjelaskan hasil temuan dengan keterangan atau kata-kata biasa dan memberikan gambaran atau uraian atas suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap obyek yang diteliti. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan responden melakukan 4 jenis kesalahan, yakni: penerimaan, pengungkapan, menganalogi dan perorangan. Sedangkan penyebab responden dalam melakukan kesalahan yakni pendapat populer dan kebiasan responden yang tidak sering dalam menerapkan bahasa hormat (sonkeigo) termasuk bahasa hormat (sonkeigo) bentuk khsusus. Kemudian untuk peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian mengenai kesalahan dalam penggunaan bahasa hormat (sonkeigo) dalam bentuk verba bantu ~れます (~remasu)/~られます (~raremasu) atau pola kalimat お~なります (o ~ narimasu).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/506/051506635
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Sep 2015 15:08
Last Modified: 18 Oct 2021 05:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101717
[thumbnail of KESALAHAN_PERUBAHAN_VERBA_BENTUK_~MASU_KE_DALAM_BAHASA_HORMAT_(SONKEIGO)_BENTUK_KHUSUS_PADA_MAHAS.pdf]
Preview
Text
KESALAHAN_PERUBAHAN_VERBA_BENTUK_~MASU_KE_DALAM_BAHASA_HORMAT_(SONKEIGO)_BENTUK_KHUSUS_PADA_MAHAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item