Pengaruh Teknik Hypnoteaching terhadap Kemampuan Menyusun Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang.

Hardiana, MaulidiaTifaniAlfinNur (2015) Pengaruh Teknik Hypnoteaching terhadap Kemampuan Menyusun Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang karena terdapat kesulitan yang dialami siswa dalam menemukan ide dan mengembangkan ide dalam menulis cerpen. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan teknik hypnoteaching terhadap kemampuan menyusun teks cerpen, mengetahui perbedaan kemampuan siswa dalam menyusun teks cerpen dengan teknik hypnoteaching dan tidak, serta mengetahui besarnya pengaruh teknik hypnoteaching terhadap kemampuan menyusun cerpen siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan ancangan eksperimen murni dan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini penggunaan teknik hypnoteaching dan kemampuan menyusun cerpen siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. Sampel penelitian adalah kelas VIIA dan VIIC. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menyusun cerpen, observasi, wawancara, dan uji coba instrumen. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dan validitas butir soal dengan product momen pearson. Uji reliabilitas dilakukan dengan koefisien alpha cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan nilai reliabilitas 0,902 > dari koefisien 0,6. Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik uji-t dengan memerhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada skor posttest menyusun cerpen siswa kelompok kontrol dan eksperimen. Pada kelompok kontrol skor terendah yang didapatkan siswa 15, skor tertinggi 25, dan mean 20,67. Sementara itu, pada kelompok eksperimen skor terendah yang didapatkan siswa 21, skor tertinggi 32, dan mean 27,73. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menyusun cerpen yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai thitung < -ttabel (-11,599 < 2,048). Berdasarkan hasil tersebut, teknik hypnoteaching memiliki pengaruh pada pembelajaran menyusun cerpen di kelas VII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/505/051506634
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Sep 2015 14:42
Last Modified: 18 Oct 2021 05:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101716
[thumbnail of 03._Lampiran.pdf]
Preview
Text
03._Lampiran.pdf

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of 02._Full.pdf]
Preview
Text
02._Full.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 01._Halaman_Awal.pdf]
Preview
Text
01._Halaman_Awal.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 04._Hasil_observasi.pdf]
Preview
Text
04._Hasil_observasi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item