Strategi Marketing Relawan Ahok Dalam Upaya Pemenangan Ahok-Djarot Pada Pilkada DKI Jakarta 2017

Aulia, Rizka (2017) Strategi Marketing Relawan Ahok Dalam Upaya Pemenangan Ahok-Djarot Pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi pemenangan yang dilakukan oleh Relawan Ahok dalam Upaya Pemenangan Ahok-Djarot pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Hal ini menarik untuk dianalisa karena dalam perkembangannya RelawanAhok sangat dilibatkan oleh Parpol pengusung dalam upaya pemenangan Ahok-Djarot pada Pilkada DKI Jakarta 2017 dimana relawan Ahok mengisi ruang-ruang kreatif dan penggalangan dan strategi tersendiri. Bahkan keterlibatan relawan Ahok dalam melakukan rebranding strategi kampanye ketika blusukan Ahok mulai tersandung penolakan setelah kasus dugaan penistaan agama, mereka mengubah konsep kampanye Tim Ahok-Djarot melalui media sosial dan terjun ke lapangan. Marketing Politik diangga pefektif sebagai strategi Relawan Ahok dalam upaya pemenangan Ahok-Djarot pada Pilkada DKI Jakarta 2017.Peneliti menggunakan teori marketing politik sebagai dasar analisis untuk mengetahui bagaimana perkembangan strategi-strategi pemenangan yang dilakukan oleh Relawan Ahok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode riset kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya. Hasil dari penelitian ini adalah relawan Ahok ketika melakukan kampanye sudah sesuai dengan tahapan Sales Oriented Party (SOP) milik Less Marsment.Strategi kampanye politik yang dilakukan pertama yaitu, pull marketing politic dengan memotivasi masyarakat untuk memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi melalui kegiatan menarik yang dibuat, kedua pull marketing party dengan mengoptimalkan media digital untuk menyebarkan pesan-pesan politik, serta mengawasi isu yang berkembang, dan ketiga pass marketing politic menggandeng kalangan public figure, untuk memberikan testimoni positif tentang kinerja maupun figure Ahoksecara personal.

English Abstract

The purpose of this research is to see howthe winning strategy conducted by Ahok Volunteers in Ahok-Djarot Victory Efforts in Jakarta 2017 Election. It is interesting to be analyzed because in its development Ahok volunteers are very involved by the political party in the effort to win Ahok-Djarot in the Election of DKI Jakarta 2017 where Ahok volunteers fill the creative spaces and their own raising and strategy. Even the involvement of Ahok volunteers in rebranding the campaign strategy when Ahokblusukan began to stumble rejection after the alleged blasphemy case, they changed the concept of Ahok-Djarot Team campaign through social media and plunged into the field. Political Marketing is considered effective as a strategy of Ahok Volunteers in the effort of winning Ahok-Djarot in the elections of DKI Jakarta 2017. Researchers use the theory of political marketing as the basis of analysis to find out how the development of winning strategies conducted by Ahok Volunteers. This research use a qualitative descriptive approachthat aims to explain the phenomenon with the depth-deep through the collection of data as deep. The result of this research is Ahok volunteer when doing campaign is in accordance with the stages of Sales Oriented Party (SOP) owned by Less Marsment. The first political campaign strategy is to do, pull marketing politics by motivating people to motivate people to participate through interesting activities that are made, both pull marketing parties by optimizing digital media to spread political messages, as well as overseeing the growing issues, and the third pass marketing politic took the public figure, to give positive testimony about performance and figure Ahok personally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1223/051803163
Uncontrolled Keywords: Marketing Politik, Strategi Kampanye, Relawan Ahok.
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.7 Conduct of election campaigns > 324.72 Strategy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 May 2018 03:21
Last Modified: 10 Jun 2024 06:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10170
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (485kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (810kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (499kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (941kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item