Analisis Terhadap Homonim dari Kediri Jawa Dialek di Kras dan Pare

Yogaswara, Ananta (2015) Analisis Terhadap Homonim dari Kediri Jawa Dialek di Kras dan Pare. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Dapat Sebagai Alat Komunikasi. Keragambanan Bahasa Adalah Bahasa Yang Ditemukan Di Indonesia Dan Salah Satunya di Sebut Diark Daerah. Diark Daerah Adalah Bahasa Ang Dituturkan Di Area Tertentu. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menemukan Kata Yang Homonim Kras Dan Pare Diaryp Khas Untuk Kras Dan Pare Menganalisis Proses-prosses Arti Yang Sama Dengan Kata Yang. Yang Ada Yang Di Homonim Kediri di Jawa Dari Diabely Jika Dibandingan Kata Kata-Kata Khas Formal Dalam Penerjemah. Dalam Penelitian INI. Peneliti menggunakan metode kualitatif. Peneliti Telah Melakukan Observasi, Catatan Lapangan Dan Catatan Laporan Penelitian. Data Yang Dianalisis Iiah Perbedaan Kata Dan Arti. Peneliti Mengambil Contoh Partisipan Dari Masyarakat Kediri Yang Menggambarkan Kras Dan Pare Diterima di Jawa. Temuan Yang Dihasilkan Dari Penelitian Masalah, Hanya Dua Pola Yang Digunakan, Yaitu Homograf Dan Homofon. Sagaian Besar Data Homonim. Selain Itu, Kata Benda Yang Banyak Ditemukan Sesuai dengan Kategorisasi Bagian Dari Kata. Dari Sepuluh Kata Homograf Klasifikasi Ditemukan, Ada Dua Pulit Satu Yang Ditemukan. Kesimpulan Dari Perbedaan Kata Pala Diabus Bisa Karena Perbudah Daerah Dan Perbedaan Wilayah Secara Geografis. Penulis Berharap Dapat Membantu Peneliti Selanjutnya Untuk Mengembangkan Penelitiannya, Kemudian Penelitian Dapat Memberi Contoh Lain Diabeliti.

English Abstract

Bahasa dapat sebagai alat komunikasi. Keragamanan bahasa adalah bahasa yang ditemukan di Indonesia dan salah satunya di sebut dialek daerah. Dialek daerah adalah bahasa ang dituturkan di area tertentu. penelitian ini bertujuan untuk menemukan kata yang homonim Kras dan Pare dialek khas untuk Kras dan Pare menganalisis proses-proses arti yang sama dengan kata yang ada pengaruhnya. Yang ada yang di homonim Kediri di Jawa dari dialek jika dibandingkan dengan kata-kata khas formal dalam penerjemah. Dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan metode kualitatif. Peneliti telah melakukan observasi, catatan lapangan dan catatan laporan penelitian. Data yang dianalisis ialah perbedaan kata dan arti. Peneliti mengambil contoh partisipan dari masyarakat Kediri yang menggambarkan Kras dan Pare diterima di Jawa. Temuan yang dihasilkan dari penelitian masalah, hanya dua pola yang digunakan, yaitu homograf dan homofon. Sebagaian besar data homonim. Selain itu, kata benda yang banyak ditemukan sesuai dengan kategorisasi bagian dari kata. Dari sepuluh kata homograf klasifikasi ditemukan, ada dua puluh satu yang ditemukan. Kesimpulan dari perbedaan kata pada dialek bisa terjadi karena perbedaan daerah dan perbedaan wilayah secara geografis. Penulis berharap dapat membantu peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitiannya, kemudian peneliti dapat memberi contoh lain dialek untuk diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/486/051506596
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 23 Sep 2015 11:17
Last Modified: 18 Oct 2021 04:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101694
[thumbnail of THESIS_-_ANANTA_YOGASWARA_-__0811113068.pdf]
Preview
Text
THESIS_-_ANANTA_YOGASWARA_-__0811113068.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item