Hutabarat, Ovien (2015) Pengaruh Media Flashcard Untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Mandarin (Studi Kasus di Kelas 5 Sekolah Dasar Kristen Charis, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam proses pembelajaran, media merupakan alat untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar. Saat ini sudah banyak media yang dapat digunakan dalam pembelajaran, salah satunya adalah media flashcard. Flashcard yaitu kartu kecil yang berisi gambar, teks, angka atau tanda simbol mengingatkan atau menuntun anak kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar itu. Dalam penelitian ini media flashcard digunakan untuk mengetahui seberapa berpengaruh media tersebut dalam perbendaharaan kosakata. Adapun kosakata yang akan diajarkan yaitu 10 kosakata binatang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, analisis data berupa grafik dan diagram persentase. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes tulis. Sampel penelitian adalah siswa kelas 5 SD Kristen Charis tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan dalam pembelajaran dengan menggunakan media flashcard siswa lebih mudah untuk menghafalkan kosakata dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media flashcard.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/481/051506591 |
Subjects: | 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Indah Nurul Afifah |
Date Deposited: | 18 Sep 2015 10:16 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101688 |
Preview |
Text
SKRIPSI_OVIEN_HUTABARAT__115110400111008.pdf Download (8MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |