Kajian Tema Dan Karakter Gambar Anak Tk B Di Wilayah Malang

Krisnawati, Ririn (2015) Kajian Tema Dan Karakter Gambar Anak Tk B Di Wilayah Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak-anak dalam perkembangannya mengalami perkembangan fisik, kognitif dan kreatifitas. Salah satu bentuk kegiatan yang dapat menunjukan hal tersebut adalah saat mereka menggambar. Ketika menggambar, anak sedang mengalami penguatan imajinasi yang kemudian dipresentasikan ke dalam gambar anak. Adanya kebebasan saat mereka berimajinasi tersebut maka gambar yang dihasilkan akan sangat beragam sehingga dapat diketahui bagaimana pola pikir, kepekaan, ketrampilan dan ekspresi yang dimiliki oleh anak. Permasalahan yang diambil dari pemaparan tersebut adalah tentang tema dan sifat gambar anak TK B di wilayah Malang. Fokus objek penelitian ini adalah anak TK B karena pada masa ini anak sudah mampu menggunakan dasar-dasar kreatif, pemikiran mereka mulai terlihat jelas dan kemampuan motorif juga sudah berkembang dengan baik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif karena jenis penelitian ini mampu memaparkan temuan objek penelitian yang memiliki berbagai karakter. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik cluster sampling dengan membagi wilayah Malang menjadi lima wilayah yaitu Malang Kota, Malang Selatan, Malang Barat, Malang Utara dan Malang Timur. Selain untuk mempermudah dalam memperoleh data, pembagian wilayah tersebut juga dikarenakan adanya perbedaan lingkungan dan kondisi masyarakat pada setiap wilayah yang nantinya dapat menjadi pengaruh bagi imajinasi anak dalam berkarya. Hasil penelitian yang diperoleh adalah tema gambar anak yang cenderung digambarkan oleh anak-anak TK B di wilayah Malang berupa tema lingkungan khususnya rumah. Hal tersebut menunjukan bahwa anak-anak memiliki kepekaan dalam melihat dan mengenal objek yang ada di sekitar lingkungan mereka. Sifat gambar yang dominan digambarkan anak adalah gambar bersifat penumpukan yang menunjukan adanya kenaifan dan kepolosan yang dimiliki oleh anak. Keunikan tema dan karakter yang digambarkan anak-anak tersebut menunjukan representasi dari diri mereka yang terlihat melalui kreatifitas, kepekaan dan ketrampilan yang mereka miliki dalam mewujudkan imajinasi ke dalam karya yang mereka ciptakan. Imajinasi tersebut tidak hanya bersumber dari objek yang ada di depan mata mereka, tetapi juga melalui informasi, pengalaman dan pengetahuan yang mereka miliki.

English Abstract

Children experience some developments on their stages of development; physical, cognitive and creativity. One of the activities that can identify those developments is through drawings. When they are drawings, a child is experiencing and strengthening their imagination. Then present it to their drawing. From their free imagination, they produce various drawing and it represents their mindset, sensitivity, skill and expression. Based on those explanation, the research problems of this research are about the theme and nature of the kindergartens’ drawing (TK B) in Malang. The object of this research focuses on kindergartner B (TK B), because in this stage children are able to use the basics of creative. Their thinking began to be seen clear and their motorif thinking have been develop well. This research is categorized in descriptive qualitative research, because it explains the findings of the research object that has a variety of characters. In collecting the data, researcher used a cluster sampling technique by dividing the area into five regions namely Malang Kota, Malang Selatan, Malang Barat, Malang Utara, and Malang Timur. In addition to ease in obtaining the data, the territorial division is also due to differences in environment and conditions of people in each region who will influence children’s imagination in their work. The results obtained showed the environment is the most preference theme chosen by the kindergartner B (TK B) in Malang. It showed that the children have the sensitivity to see and recognize objects that exist in their neighborhood. The dominant nature of drawing which is depicted by them showed that there is a buildup of naivety and innocence owned by them. The uniqueness of the themes and characters depicted by the children represents their character. It can be seen through their creativity, sensitivity and skills that they have tried to realize their imagination into their works. Their imagination is not only from the object that they have seen, but also through information, experience and knowledge they have.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/466/ 051506576
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 30 Sep 2015 13:36
Last Modified: 30 Sep 2015 13:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101671
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item