Peningkatan Kemampuan Siswa Mempelajari Huruf Hiragana Melalui Media Hiragana Card Dan Aplikasi Smartphone Pada Siswa Kelas X Sma Yayasan Pandaan Tahun Ajaran 2014-2015

Susanti, Yuli (2015) Peningkatan Kemampuan Siswa Mempelajari Huruf Hiragana Melalui Media Hiragana Card Dan Aplikasi Smartphone Pada Siswa Kelas X Sma Yayasan Pandaan Tahun Ajaran 2014-2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era globalisasi, bahasa dan teknologi sudah sangat berkembang. Terutama bahasa asing dalam bidang pendidikan seperti SMA. Dalam pembelajaran bahasa asing diperlukan media pembelajaran yang sesuai, contohnya dalam mempelajari huruf hiragana bahasa Jepang digunakan media yang sesuai seperti hiragana card. Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan dua media berbeda pada kelas berbeda yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari huruf hiragana yaitu dengan media hiragana card dan aplikasi smartphone. Peneliti memilih kelas X sebagai populasi sedangkan yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas X-1 dan kelas X- 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart dengan menggunakan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penggumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Kriteria ketuntasan siswa jika nilai siswa diatas KKM yaitu 75 untuk pelajaran bahasa Jepang. Dari hasil pre-test dan pos-test pertama dan kedua dapat dilihat meningkatnya nilai belajar siswa. Pada siklus kedua rata-rata kelas X-1 adalah 80,10 dan rata-rata kelas X-2 adalah 78,82. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam mempelajari bahasa Jepang khususnya huruf hiragana mengalami peningkatan.

English Abstract

グローバリゼイション時代には言語と技術が解決つずける。特に高学 校みたい教育サイド外国語。外国語を学習中に適切な学習メディアは必要 である。例えばひらがなを学習ところに使われたひらがなカードである。 この調査は筆写は学生の脳力を増加するために二つちがいメディアを違い クラスで使う。そのメディアはひらがなカードとスマートフォンアプリケ ションである。筆写はX ぐみをポプレーションにする。X-1 ぐみは実験 クラスで、X-2 ぐみはコントロルクラスである。 この論文はクラスこ行動研究で定量的である。使われたクラス厚遇研究 はケッミスとタッガートモデルで二つサイクルをもとついて、企画、実現、 観測、かいろうである。データを集める方法はこてしらべとポストテスト である。日本語の互角店は75である。 一番目と二番目のこてしらべとポストテストから学生の成績があげると 見られる。X-1 ぐみの平均点は80,10でX-2 ぐみは78.82であ る。その結果から学生の脳力が増加するといわれる

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/462/ 051506572
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 30 Sep 2015 12:57
Last Modified: 30 Sep 2015 12:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101667
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item