Kesalahan Penulisan Choo’on Dan Sokuon Pada Siswa Kelas Xi Bahasa Sman I Mojokerto

Saputri, RizkiNormalinda (2015) Kesalahan Penulisan Choo’on Dan Sokuon Pada Siswa Kelas Xi Bahasa Sman I Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Jepang tidak hanya memakai huruf alphabet, tetapi ada huruf hiragana, katakana dan kanji. Untuk dapat menulis dalam bahasa Jepang tentulah tidak mudah, oleh karena itu banyak terjadi kesalahan saat mempelajarinya baik dalam kesalahan pengucapan maupun kesalahan penulisan. Selain itu, bahasa Jepang mempunyai bunyi konsonan rangkap dan juga mempunyai bunyi vokal panjang. Bunyi konsonan rangkap didalam bahasa Jepang disebut sokuon dan bunyi vokal panjang disebut choo’on. Penelitian ini menggunakan penggabungan dua pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data yang dijadikan objek analisis untuk menjawab adalah hasil tes dan angket dari 29 siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Mojokerto. Analisis data yaitu dengan mencocokkan jawaban tes siswa dengan kunci jawaban, mengklasifikasikan jenis dan penyebab kesalahan, memberikan persentase, menganalisis dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada 5 jenis kesalahan. Jenis kesalahan tersebut adalah penghilangan, lokal, menganologi, penambahan dan salah susun. Lalu ditemukan 3 penyebab kesalahan, yaitu pendapat populer, kekurang pahaman pemakai bahasa terhadap bahasa yang dipakai, dan interferensi. Penulis menyarankan peneliti selanjutnya untuk meneliti kesalahan pengucapan sokuon dan choo’on atau bisa menggunakan teknik menyimak untuk meneliti kesalahan penulisan.

English Abstract

日本語ではローマ字のみ使わずに、ひらがな・カタカナも漢字も使われ てる。日本語で書けるためには、確かに簡単ではない。従って、それらを 学ぶ際には書き込みや発音の間違いが多く発生する。また、日本語では母 音及び子音が使われている。日本語学科では母音が長音と言い、子音が促 音と言われる。 本研究は定性的及び定量的と言う二つとものアプローチを統合し使用し ているてめ、答えるにわ、研究の対象となるデータはモジョケルト町の第 1国立高校の中で、2年生の29名のアンケートとテストの発見結果であ る。研究データは、解答別紙で生徒の答えを確認し、種類や間違いの原因 により分類し、パーセンテージを求め、分析と結論をまとめるやり方で実 施した。 結果は明らかに5種類間違いを表す。それらを失い、ローカル、類似、 付け込みと位置違いである。次に、間違いの原因が三つ発見された。それ は一般的な意見、使われた言語の不理解、介入である。 著者は、促音と長音の不正発音の研究に進めるよう、研究者に示唆する。 あるいは、書き込みのミスを研究するための聞き取り技術を用いることが できると思われる

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/457/051506567
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 01 Oct 2015 10:43
Last Modified: 18 Oct 2021 03:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101661
[thumbnail of SKRIPSI_RIZKI_NORMALINDA_SAPUTRI_(115110200111033).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_RIZKI_NORMALINDA_SAPUTRI_(115110200111033).pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item