Puspa, Dewi (2015) Pengaruh Intelligence Quotient (Iq) Dan Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Terhadap Hasil Nihongo Nouryoku Shiken Level 3 Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2011 Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Intelligence Quotient (IQ) merupakan ukuran kecerdasan yang dimiliki tiap individu. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah ukuran kemampuan mahasiswa sampai pada periode tertentu yang dihitung berdasarkan jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) tiap mata kuliah yang ditempuh, sedangkan Nihongo Nouryoku Shiken ialah tes kemampuan bahasa Jepang berstandar internasional dan berlisensi resmi dari Japan Foundation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Intelligence Quotient (IQ) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) baik secara parsial maupun simultan terhadap hasil Nihongo Nouryoku Shiken Level 3 mahasiwa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2011 Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah 20 orang. Teknik analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan analisis statistik dengan teknik analisis regresi linier berganda. Data yang dikumpulkan adalah hasil tes Intelligence Quotient (IQ), Kartu Hasil Studi (KHS) yang memuat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan lembar hasil tes/sertifikat Nihongo Nouryoku Shiken level . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : secara parsial (sendiri-sendiri), baik Intelligence Quotient (IQ) maupun Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil Nihongo Nouryouku Shiken level 3, sedangkan secara simultan (bersama-sama), Intelligence Quotient (IQ) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) berpengaruh signifikan terhadap hasil Nihongo Nouryouku Shiken level 3 mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2011 Universitas Brawijaya. Intelligence Quotient (IQ) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) memberikan kontribusi terhadap hasil Nihongo Nouryouku Shiken level 3 sebesar 38,4 % dan sisanya sebesar 61,6% merupakan kontribusi dari faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Pada penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah variabel lain yang kemungkinan berpengaruh terhadap hasil Nihongo Nouryouku Shiken level 3, memperbanyak sampel, menambahkan instrumen penelitian berupa angket dan wawancara, serta menggunakan variabel-variabel yang lebih khusus atau spesifik, misalnya dengan mempertimbangkan gender, umur, kecerdasan bahasa/linguistik, kecerdasan logis, atau subskor-subskor lain dari tes inteligensi.
English Abstract
知能指数(IQ)は各個人が持っている知能の尺度である。成績平均点(IPK)は一定時期までに到達した学生の知能指数であり、受けた各コースのSKS数(学期クレジット)に基づいて算定される。「日本語能力試験」は国際基準があることに加えて、国際交流基金に官許されている日本語能力を測る試験である。本研究は2011年ブラウィジャヤ大学日本語教育学科学生における日本語能力試験3級の結果に対する部分的におよび同時の知能指数(IQ)と成績平均点(IPK)の影響を明らかにする目的で行った。 本研究は定量的記述を行い、試料の取得は20人から合目的的サンプリングした。解析は、記述分析と重回帰分析の銃計量分析行った。採集したデータは知能指数(IQ)の結果、成績平均点(IPK)を含まれている学習結果カード(KHS)、日本語能力試験3級の結果用紙および認証である。 研究の結果は、部分的に知能指数(IQ)および成績平均点(IPK)は日本語能力試験3級の結果に対して重要に影響を与えないこと、同時に2011年のブラウィジャヤ大学日本語教育学科学生の知能指数(IQ)および成績平均点(IPK)は日本語能力試験3級の結果に対して有意に影響を与えること、を表す。知能指数(IQ)と成績平均点(IPK)は日本語能力試験3級の結果に38.4%の関与があった。61.6%の残りは本研究で解明し得ない他の原因の関与である。 次の研究では、日本語能力試験3級に影響を与える可能性がある他の変数を追加する、試料の量を増やす、アンケートや面接等の研究手法を追加する、その他特定な変数を用いる、例えば性別、年齢、言語学知能、平坦額知能、知能検査の他のサブスコアを考察して研究する
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/Fbs/2015/456/ 051506566 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 30 Sep 2015 15:27 |
Last Modified: | 30 Sep 2015 15:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101659 |
Actions (login required)
View Item |