Female Main Character Efforts In She’s The Man Movie: A Liberal Feminist Perspective

Hardiastuti, RizkiyahDwi (2015) Female Main Character Efforts In She’s The Man Movie: A Liberal Feminist Perspective. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Film dibuat untuk dilihat dan didengar, untuk menarik indra penglihatan dan pendengaran. Film juga bisa membuat penonton merasakan aura dari dialog diantara actor dan aktris. Lagu pengiring di dalam film dan juga pergerakkan gambar yang terekam semuanya di film. Film memiliki beberapa bagian terdiri dari alur, keadaan, karakter, pesan atau ide yang disampaikan di film. She’s the Man adalah film tentang Viola Hasting, gadis dengan keinganan besar di sepak bola. Dia mengetahui bahwa tim sepak bola perempuan dihapus disekolahnya. Lalu,dia mencoba bergabung ke tim laki-laki,tapi tim laki-laki mengatakan bahwa perempuan tidak cukup baik. She’s the Man juga menggambarkan diskriminasi yang ditunjukkan oleh pelatih di sekolah Cornwall kepada Viola. Dia mengatakan kalau wanita tidak secepat laki-laki. Penulis memilih film ini uintuk dianalisis karena film ini tentang seorang gadis yang ingin menunjukkan kemampuannya. Pemeran utama wanita di film ini membuktikan jika dia memiliki kemampuan menjadi pemain sepakbola yang bagus. Rumusan masalah dari studi ini adalah apa saja usaha Viola untuk membuktikan kemampuannya dan dia menerima kesetaraan hak dengan laki-laki. Olahraga seperti sepakbola tidak hanya bisa dilakukan oleh laki-laki tapi wanita juga. Wanita juga membutuhkan kesempatan untuk membuktikan kemampuan mereka seperti yang diberikan pada laki-laki. Viola mencari banyak cara untuk menjadi setara dengan laki-laki, karena dia ingin menunjukkan bahwa dia cukup mampu. Viola melakukan penyamaran karena dia ingin bergabung dengan tim sepakbola Illyria. Dia tahu jika Illyria mempunyai pertandingan melawan Cornwall yakni sekolahnya sendiri. Viola belajar dan berlatih untuk melatih kemampuannya dan fisiknya. Akhirnya,dia bisa membuktikan bahwa dia adalah pemain sepakbola yang bagus. Dia dapat membuat orang-orang percaya bahwa dia bertanggung jawab dengan segala resiko yang bisa membuatnya gagal. Dia dapat membuktikan kemampuannya dan menerima kesetaraan hak dengan laki-laki.

English Abstract

Film is made to be seen and heard, to appeal to visual and aural senses. Film also can make the audience feel the atmosphere from dialogue between actor and actress. The soundtrack which fill in the film and also the moving images that record everything shown in the film. The film has several parts consists of plot, setting, characters, message, or ideology that is delivered in the film. She’s the Man is a movie about Viola Hastings, a girl with passion in soccer. She finds out that the girl’s soccer program gets canceled at her school. She then tries to join the boys team, but the boys team tell her that girls are not good enough. She’s the Man also portrays gender discrimination shown by the coach in Cornwall School toward Viola. He states that girls are not as fast as boys. The writer chooses this film to analyze because this film is about a girl who wants to show her strength. The female main character in this film proves if she has the capability being a good soccer player same as men can do. The problem of this study is what is Viola’s efforts to prove her capability and that she deserves the right equally with man. Sports like soccer cannot only be done by men but women too. Women also need chance to prove their capability as men given. Viola looks for any way to be equally treated, because she wants to prove that she is good enough. Viola does the disguise because she wants to join Illyria’s soccer club. She knows if Illyria has the game with Cornwall which is actually her school. Viola learns and practices to train her capability and her physic. In the end, she can prove that she is a good football player. She can make anyone believe if she is responsible with any risk that can make her fail. She can prove her capability and deserve right equal with boys.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/455/ 051506565
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 30 Sep 2015 15:15
Last Modified: 30 Sep 2015 15:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101658
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item