Pelafalan Vokal Tak Bersuara (Museiboin) Pada Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Angkatan 2011 Universitas Brawijaya.

Delyla, Alien (2015) Pelafalan Vokal Tak Bersuara (Museiboin) Pada Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Angkatan 2011 Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa asing dewasa ini sangat diperlukan dalam setiap aktivitas seharihari. Salah satu yang menggunakan bahasa asing adalah pembelajar bahasa asing. Dalam setiap bahasa asing yang dipelajari akan ditemui kendala-kendala. Misalnya adalah dalam pelafalan vokal tak bersuara. Pembelajar awalnya hanya menirukan apa yang diberikan oleh pengajar. Namun, terdapat perbedaan pelafalan antar pembelajar. Oleh sebab itu, perbedaan penelitian ini dijadikan objek penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab perbedaan pelafal asli dan pembelajar melafalkan vokal tak bersuara. Dalam bahasa Jepang, pembahasan mengenai pelafalan vokal tak bersuara termasuk dalam kajian fonetik, yaitu cabang linguistik yang mengkaji bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis berupa rekaman suara native dan pembelajar bahasa asing. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan beberapa perbedaan pelafalan. Adapun penyebab dari perbedaannya, yaitu bahasa ibu, lingkungan dan kebiasaan.

English Abstract

-

Other obstract

最近、外国語は社会日常的な活動に必要なものである。外国語を使う社会的場面の一つは外国語を勉強している学生の使う外国語である。勉強された外国語には障害がある。たとえば、日本語の発音である。初め、学生は教師の発音真似する。しかし、学生の間で発音が違うことがある。よって、本研究では研究の対象を学生とした。本研究は日本人とインドネシア人学生の無声母音の発音の違いを調べるために行った。無声母音の発音はコミュ二ケーションをとることを目的に語を使う「音声語」という語学の分野の研究範囲に入れる。本研究は質的であり、記述的方法で実施した。分析の対象となったデータは日本人とインドネシア人学生の音声をもとにしたものである。本研究の結果としては「母語」と「生活環境」と「省略された無声母音の発音のちがい」という三つの原因がある

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/45/051501358
Uncontrolled Keywords: Vokal Takbersuara (Museiboin), Lafal / Pelafalan
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Feb 2015 10:18
Last Modified: 18 Oct 2021 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101652
[thumbnail of Alien_Delyla_0911120063.pdf]
Preview
Text
Alien_Delyla_0911120063.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item