Improving Students’ Speaking Ability Through Guesssing Game Word Wall Media (A Classroom Action Research at SMP Negeri 2 Balongbendo).

DewiNurFitrina, Putri (2015) Improving Students’ Speaking Ability Through Guesssing Game Word Wall Media (A Classroom Action Research at SMP Negeri 2 Balongbendo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berbicara adalah salah satu keterampilan bahasa yang sangat penting untuk memberikan makna. Kemampuan seseorang dalam komunikasi dapat ditampilkan dengan dua cara, yaitu komunikasi lisan dan tertulis. Jika siswa ingin menguasai berbicara begitu, mereka harus menggunakan dan menerapkan keterampilan berbahasa Inggris mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penggunaan strategi permainan menebak menggunakan media dinding kata untuk mengajarkan kemampuan berbicara siswa dan untuk menyelidiki bagaimana menebak strategi permainan meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Game menebak itu dipilih sebagai fokus penelitian karena ada banyak teori ahli mengatakan bahwa menggunakan permainan laguange dapat membantu siswa menghafal materi pembelajaran dan kemampuan berbicara siswa rendah. Jadi, peneliti menerapkannya untuk menyelesaikan masalah siswa dalam kemampuan berbicara. Hanya 7 dari 33 siswa (5%) yang mencapai di atas 75 sebagai standar minimum berdasarkan KKM yang digunakan oleh guru untuk SMP Negeri 2 Balongbendo. Sebagai konsekuensinya, banyak dari kemampuan siswa untuk berbicara bahasa Inggris masih kurang atau rendah. Dari studi previouse menunjukkan bahwa permainan menebak dapat membantu siswa untuk meningkatkan penguasaan siswa dalam belajar bahasa Inggris. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa VII-C di SMP Negeri 2 Balongbendo, pada semester 2 tahun akademik 2014/2015. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah panduan wawancara, daftar periksa observasi, catatan lapangan, tes berbicara, dan kuesioner. Data tentang kemajuan siswa dalam penguasaan kemampuan berbicara diambil dengan tes berbicara. Kriteria kesuksesan adalah 80% siswa memperoleh skor 75 ke atas dalam tes berbicara. Pada akhirnya kedua siklus kedua, ada 50% dan 91% siswa dapat memberikan skor standar minimum yang melewati 75. Kesimpulannya, kriteria keberhasilan tercapai. Partisipasi aktif siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas adalah 85%. Dapat disimpulkan bahwa para siswa memiliki motivasi tinggi untuk berpartisipasi dalam kelas dan menikmati proses pembelajaran. Langkah-langkah yang digunakan peneliti untuk mengajarkan berbicara menggunakan gambar dalam buku teks yang digunakan untuk mendiskusikan, teks deskriptif, meminta siswa untuk menulis dan membaca teks deskriptif mereka, permainan menebak, dinding kata, meminta siswa untuk memainkan permainan. Permainan dan media harus memiliki instruksi yang jelas untuk setiap langkah perlu disiapkan untuk membuat siswa memahami apa yang harus dilakukan dan membuat waktu lebih efektif.

English Abstract

Speaking is one of language skill which is very important to deliver meaning. The ability of a person in communication can be shown in two ways, namely spoken and written communication. If students want to master speaking so, they should used and applied their English speaking skill. The aim of this study is to describe the use of guessing game strategy using word wall media to teach students’ speaking ability and to investigate how guessing game strategy improve the students’ speaking ability. The guessing game was choosen as the focus of the study beacuse there are many theories of expert said that using laguange game can help students memorize the material of learning and the students’ speaking ability is low. So, the researcher apply it to solve the students problem in speaking ability. Only 7 out of 33 students (5%) reached above 75 as the minimum standard based on KKm that used by the teacher fo SMP Negeri 2 Balongbendo. As consequences, many of the students ability to speak English is still lacking or low. From the previouse study shown that guessing game could help students to increase students mastery in learning English. This design of research is classroom action research, which consisted of two cycles. The subjects of this study were 33 students of VII-C at SMP Negeri 2 Balongbendo, in the 2nd semester of academic year of 2014/2015. The instruments used to collect the data were interview guide, observation checklist, field notes, speaking test, and questionnaire. The data about students’ progress in mastery of speaking ability was taken by speaking test. The criteria of success was 80% of the students obtain the score 75 and above in speaking test. In the end both of two cycle, there are 50% and 91% of the students could pass the minimum passing standard score of 75. In conclusion, the criteria of success were achieved. The students’ active participation in the teaching and learning activities in the class was 85%. It can be concluded that the students have high motivation to participate in the class and enjoy the learning process. The steps that the researcher used to teach speaking is using pictures in textbook used to discussing, descriptive text,asking students to write and read their descriptive text, kind of guessing game, word wall, asking students to played the game. The game and media should have clear instructions for every step need to be prepared in order to make students understand what to do and make the time more effective.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/436/051506622
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 30 Sep 2015 09:41
Last Modified: 18 Oct 2021 05:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101638
[thumbnail of UNDERGRADUATE_THESIS.pdf]
Preview
Text
UNDERGRADUATE_THESIS.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item