Representasi Bankonka pada Masyarakat Jepang yang Tercermin pada Tokoh Ogata Satoko Dalam Drama Serial Around 40: Cuumon No Ooi Onnatachi

Walidani, Mishbahiya (2015) Representasi Bankonka pada Masyarakat Jepang yang Tercermin pada Tokoh Ogata Satoko Dalam Drama Serial Around 40: Cuumon No Ooi Onnatachi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menunda pernikahan atau bankonka adalah salah satu tema menarik yang diangkat dalam karya fiksi berupa drama serial yang di tayangkan oleh televisi Jepang. Penelitian ini menggunakan sumber data berupa drama serial yang berjudul Around 40: Chuumon No Ooi Onnatachi. Drama serial ini bercerita tentang Ogata Satoko, wanita lajang berusia 39 tahun yang berprofesi sebagai psikiater. Dalam drama serial ini terdapat banyak representasi bankonka yang terjadi pada masyarakat Jepang. Penelitian ini mengungkap representasi bankonka pada wanita Jepang yang tercermin pada tokoh utama Ogata Satoko. Penelitian ini menggunakan teori sosiologi sastra dari Ian Watt, yaitu sastra sebagai cerminan masyarakat untuk menganalisis bankonka dalam drama serial Around 40. Selain itu, penulis juga menggunakan teori tokoh dan penokohan serta mise en scene untuk membantu menjelaskan cerita dan memperkuat emosi dalam cuplikan drama serial. Hasil penelitian menunjukkan representasi bankonka yang terjadi pada masyarakat Jepang serta penyebab menunda pernikahan baik menurut Retherford dan Ogawa maupun alasan menurut Tachibanaki Toshiaki yang tercermin pada adegan-adegan dan dialog-dialog pada drama serial. Penyebab terjadinya bankonka dalam drama serial yaitu meningkatnya pendidikan bagi wanita, meningkatnya proporsi wanita lajang yang bekerja dan perubahan nilai-nilai pernikahan. Akibatnya, meningkatnya usia MAFM (Mean Age at First Marriage) serta bertambahnya wanita yang menunda untuk menikah di Jepang. Penulis menyarankan untuk penelitian selanjutnya yang menggunakan drama serial ini sebagai data penelitian, dapat menggunakan pendekatan sosiologi sastra untuk membahas mengenai perceraian di Jepang guna memperkaya apresiasi terhadap karya sastra.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/435/051506621
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 30 Sep 2015 09:34
Last Modified: 18 Oct 2021 05:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101637
[thumbnail of MISHBAHIYA_WALIDANI_(0911120143).pdf]
Preview
Text
MISHBAHIYA_WALIDANI_(0911120143).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item