Alif’s Motivation To Achieve His Dreams In The Land Of 5 Towers Novel By Ahmad Fuadi

Istifaiyah, Innayatul (2015) Alif’s Motivation To Achieve His Dreams In The Land Of 5 Towers Novel By Ahmad Fuadi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

The Land of Five Towers adalah novel seri pertama dari trilogi yang ditulis oleh Ahmad Fuadi. Alif adalah tokoh utama di dalam novel ini. Permasalahan yang dirumuskan di dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui impian-impian Alif dan (2) motivasi Alif sebagai karakter utama untuk mencapai impiannya berdasarkan teori motivasi dari David McClelland. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui impian – impian Alif dan (2) untuk menganalisis motivasi Alif sebagai karakter utama untuk mencapai impiannya berdasarkan teori motivasi dari David McClelland. Penelitian ini menganalisis data kualitatif. Sumber data diambil dari sebuah novel berjudul The Land of Five Towers karya Ahmad Fuadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi dan juga menggunakan teori motivasi dari David McClelland untuk menganalisis permasalahan – permasalahan di dalam penelitian ini. Penemuan di dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh utama yaitu Alif, mempunyai impian seperti menjadi seperti seorang B.J. Habibie, menjadi seorang wartawan, dan juga pergi ke Amerika. Disisi lain, orangtuanya tidak setuju dengan impiannya untuk menjadi seperti B.J. Habibie karena mereka ingin ALif menjadi seorang pemuka agama. dia mengikuti keinginan orangtuanya agar Alif masuk ke sekolah agama, akan tetapi impiannya muncul kembali. Hal itu membuat Alif memilih untuk memperjuangkan impiannya dan membuat impian itu menjadi kenyataan. Alif mempunyai kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan afiliasi dan juga kebutuhan akan kekuasan yang ada di dalam dirinya. Penulis juga menemukan bahwa akhirnya Alif merubah impiannya dari ingin menjadi seperti B.J. Habibie menjadi seorang wartawan. Alif sukses untuk merealisasikana impiannya untuk menjadi seorang wartawan dan pergi ke Amerika. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi adalah hal yang sangat membantu Alif untuk mencapai impian – impiannya. Alif mempunyai kebutuhan – kebutuhan yang membantu dia untuk mencapai impian – impiannya. Kebutuhan – kebutuhan itu adalah seperti kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan afiliasi dan juga kebutuhan akan kekuasaan. Kebutuhan – kebutuhan itu mendorong dia untuk memperjuangkan impiannya sendiri.

English Abstract

The Land of Five Towers is the first series of trilogy novel by Ahmad Fuadi. Alif is the main character in this novel. The problems are formulated to find out (1) Alif’s dreams and (2) Alif’s motivations as the main character to achieve his dreams based on David McClelland’s motivation theory. Objectives of this research are (1) to explain about Alif’s dreams and (2) to analyze Alif’s motivations to achieve the dreams based on David McClelland’s motivation theory. This research analyzes qualitative data. The data is taken from The Land of Five Towers novel. This research uses psychological approach and motivation theory by David McClelland to analyze the problems of the study. The finding shows that the main character, Alif wants to be like B.J. Habibie, to be a journalist and goes to America. On the other hand, his parents disagree with his dream to be like B.J. Habibie because they want him to be a religious leader. He follows his parents to join religious school but his dream rises up again. It makes Alif choose to struggle for his own dreams and make it happen. Alif has need for achievement, need for affiliation and need for power within him. The other finding is Alif changing his dream to be like B.J. Habibie become a journalist. In the end, he succeed achieve his dreams to be a journalist and goes to America. The result of the research shows that motivation is very helpful for Alif in order to achieve the dreams. Alif has needs within him that motivates him to achieve his dreams. The needs are need for achievement, need for affiliation and need for power. Needs motivates him to struggle for his dreams.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/427/ 051506557
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 02 Oct 2015 10:16
Last Modified: 02 Oct 2015 10:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101628
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item