Ferriansyah, Afrizal (2015) Using Picture Series To Improve Students’ Writing Ability In Narrative Text Through Think Pair Share Strategy (A Classroom Action Research At 8-C Class Of Smp Negeri 3 Kedungwaru, Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, menulis adalah salah satu kemampuan yang di ajarkan. Meskipun demikian, menulis tidaklah mudah bagi siswa. Berdasarkan penelitian awal yang telah dilakukan oleh peneliti, hampir seluruh siswa kelas VIII-C mendapatkan kesulitan dalam menemukan kosa kata yang tepat dan mengembangkan ide menjadi paragraf. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menyarankan gambar berseri melalui strategi Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam teks naratif di kelas VIII-C SMPN 3 Kedungwaru, Tulungagung. Gambar berseri melalui strategi TPS cocok untuk mengatasi masalah tersebut karena hasil dari angket yang dibagikan pada siswa menjawab bahwa hampir semua siswa menginginkan belajar secara berklompok dan menggunkan gambar berseri sebagai medianya. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang di adopsi dari Kemmis dan Mc. Taggart (1988) untuk mengatasi masalah yang disebutkan sebelumnya. Dengan menjalankan prosedur PTK, penelitian ini menggunkan strategy Think Pair Sahre yang di sarankan oleh Pardosi dan Rezeki (2013) dan dengan menggunakan gambar berseri yang disarankan oleh Rachmawati dkk. (2013). Peneliti menggunakan beberapa perangkat untuk mendukung pengumpulan data ketika penelitian sedang berlanjut. Perangkat tersebut diantaranya angket, panduan wawancara, lembar observasi, dan catatan lapang. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari 3 pertemuan. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian, terdapat peningkatan pada nilai siswa dari pre-test ke post-test. Nilai rata-rata siswa di post-test lebih baik dari pada nilai di pre-test. Nilai-nilai tersebut dapat menjawab dari dua kriteria sukses pada penelitian ini. Kriteria pertama yaitu ketika nilai rata-rata siswa dalam kosakata meningkat 5 poin. Kriteria pertama telah sukses saat nilai rata-rata kosakata siswa di post-test meningkat 6,83 poin dibandingkan nilai rata-rata pada pre-test. Kriteria sukses yang kedua adalah jika nilai rata-rata siswa dalam pengembangan ide meningkat 5 poin. Dalam penelitian ini nilai rata-rata tersebut meningkat 15,8 poin. Sehingga dapat disimpulkaan bahwa gambar berseri melalui strategi TPS mampu membantu siswa dalam menemukan kosa kata yang tepat dan mengembangkan ide pada menulis teks naratif. Jadi peneliti menyarankan kepada guru bahasa Inggris untuk menerapkan strategi ini pada subyek yang berbeda, kemampuan yang berbeda, atau jenis teks yang berbeda tergantung pada masalah yang dihadapi siswa. Dan untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi jika ingin menggunakan strategi yang sama.
English Abstract
In the teaching of English as foreign language, writing is one of the language skills being taught to students. Nevertheless writing is not easy for students. Based on the preliminary study that was conducted by the researcher most students in VIII-C class got difficulties in finding the vocabulary and developing idea into paragraph. Regarding to this problem, the researcher proposed picture series through Think Pair Share strategy to improve students’ writing ability in narrative text at VIII-C class of SMPN 3 Kedungwaru, Tulungagung. The picture series through TPS strategy was suitable to overcome the problem because the result of questionnaire that distributed to the students, they said that they want to learn by work in group and use picture as the media in learning writing. This research used Classroom Action Research (CAR) design adopted by Kemmis and Mc. Taggart (1988) to overcome the problem that has been mentioned before. Obeying the CAR procedure, this research employed TPS strategy suggested by Pardosi and Rezeki (2013) and using picture series suggested by Rachmawati et al. (2013). During the research, some instruments were used to collect necessary data. Those instruments were questionnaire, interview guide, observation checklist and field note. This research was conducted in one which cycle consisted of three meetings. Based on the data obtained on the research, there was an improvement on the students’ score in idea development and vocabulary. The students’ mean score in post-test are better than the ones in pre-test. These scores answer the two criteria of success of this research. The first criteria was when the students’ mean score of vocabulary was improved 5 points. The first criteria was accomplished since the students’ mean score of the vocabulary on post-test improved 6.83 points compared to the mean score on the pre-test. The second criteria of success was when the students’ mean score of idea development improves 5 points. The second criteria was improved 15.8 points. It could be concluded the use of picture series through TPS strategy could help the students in finding appropriate vocabulary and developing their idea in writing narrative text. So the researcher suggests to the English teacher to apply this strategy at different subject, different skill, or different genre of text depends on the students’ problems. For further researchers, they can use to use this research for the reference to conduct research by using the same strategy.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/424/ 051506554 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 01 Oct 2015 15:44 |
Last Modified: | 01 Oct 2015 15:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101625 |
Actions (login required)
View Item |