Pengaruh Penggunaan Media Wall Chart terhadap Kemampuan Menelaah dan Merevisi Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Malang.

Setyawati, DeasyRatna (2015) Pengaruh Penggunaan Media Wall Chart terhadap Kemampuan Menelaah dan Merevisi Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembelajaran menelaah dan merevisi teks eksplanasi siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Malangmasih mengalamikesulitankarena guru dalam pembelajaran hanya menggunakan buku teks dari pemerintah. Adanya permasalahan tersebut, perlu diupayakan penggunaan media yang mendukung dengan menggunakan media wall chart. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikanpenerapan mediawall chart, mengetahui perbedaan, dan mengetahui pengaruh dalam meneleah dan merevisi teks eksplanasi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Ancangan penelitian ini, menggunakan eksperimen murni. Desain yang digunakan dalam eksperimen murni ini adalah pretest posttest control groupdesign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang. Teknik untuk menentukan sampel adalah random sampling, diperoleh kelompok VII E sebagai kelompok eksperimen dan kelompok VII G sebagai kelompok kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas butir soal data continue. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach.Analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitunormalitas, homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada skor posttest. Hasil skor rata-rata kelompok eksperimen (rata-rata 33,59), sedangkan skor rata-rata kelompok kontrol(rata-rata 26,78). Skor tertinggi pada kelompok eksperimen (38) lebih tinggi dibandingkan dengan skor tertinggi kelompok kontrol (34). Skor terendah pada kelompok eksperimen (26) lebih tinggi dibandingkan dengan skor terendah kelompok kontrol (21). Hasil uji-t skor posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menghasilkan thitung sebesar -7,488 dengan df 62 dan ttabel -2,000 pada taraf signifikansi 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media wall chart berpengaruh terhadap kemampuan menelaah dan merevisi teks eksplanasi pada sisw di kelas VII SMP Negeri 13 Malang karena nilai thitung < -ttabel (-7,488 < - 2,000).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/414/0051506544
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Sep 2015 13:59
Last Modified: 18 Oct 2021 05:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101614
[thumbnail of deasy_SKRIPSI_FIX.pdf]
Preview
Text
deasy_SKRIPSI_FIX.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item