English Teaching Process At Sman 1 Krembung Sidoarjo.

Wicaksono, RachmadEkoPrasetiyoBudi (2015) English Teaching Process At Sman 1 Krembung Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa digunakan untuk komunikasi di antara orang-orang. Saat ini, sebagian besar orang menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia. Di Indonesia, bahasa Inggris diajarkan mulai dari sekolah dasar hingga tingkat universitas. Guru memiliki peran penting dalam memberikan materi di kelas. Itu harus dengan cara yang efektif dan menarik siswa untuk melibatkan dalam pelajaran yang diberikan. Guru dapat menggunakan berbagai teknik pengajaran dan media pengajaran untuk membuat proses pengajaran bahasa Inggris lebih menyenangkan, menyenangkan, dan juga membantu siswa untuk memahami materi. Ada dua masalah penelitian yang harus diselesaikan dalam penelitian ini: (1) Apa teknik pengajaran yang digunakan guru dalam mengajar Bahasa Inggris di SMAN 1 Krembung Sidoarjo dan (2) Apa media pengajaran yang digunakan guru dalam mengajar Bahasa Inggris di SMAN 1 Krembung Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek yang sedang diselidiki adalah guru dan siswa di SMAN 1 Krembung Sidoarjo di X-Social 1. Ada tiga puluh satu siswa di kelas. Mereka terdiri dari sembilan siswa laki-laki dan dua puluh dua siswa perempuan. Data diperoleh dari observasi dan wawancara selama penelitian yang dilakukan dalam dua pertemuan. Menurut teori dari penjahat & amp. Chaudron yang membagi teknik pengajaran menjadi teknik yang dikendalikan, teknik semi-terkontrol, dan teknik bebas, hasilnya memajarkan bahwa guru menggunakan teknik yang dikendalikan, teknik semi-dikontrol, dan teknik bebas yang merupakan pemanasan, penjelasan konten, pengecekan , bor, identifikasi, pengujian, bungkus, dan game. Untuk media pengajaran, menurut Sanjaya ada media audio, visual, dan audiovisual. Guru menggunakan media audiovisual sebagai media pengajaran yang adalah video musik. Teknik pengajaran dan media pengajaran itu bermanfaat bagi guru untuk mendapatkan perhatian siswa dan membantu siswa untuk memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Peneliti menyarankan guru untuk terus menggunakan teknik pengajaran yang menarik dan media pengajaran selama proses pengajaran bahasa Inggris karena keduanya efektif untuk membantu guru untuk memberikan pelajaran dan siswa untuk memahami materi. Untuk guru bahasa Inggris secara umum harus menerapkan teknik pengajaran yang menarik dan media pengajaran untuk membuat siswa tertarik pada materi. Peneliti masa depan dapat melakukan penelitian tentang teknik pengajaran dan atau media pengajaran dalam mengajar bahasa Inggris pada keterampilan khusus, seperti penulisan pengajaran.

English Abstract

Language is used for communication among people. Nowadays, people mostly use English to communicate with other people around the world. In Indonesia, English is taught starting from elementary school until university level. The teacher has important role in delivering material in classroom. It must be in effective way and attract students to involve into the given lesson. Teacher can use various teaching technique and teaching media to make the English teaching process more enjoyable, fun, and also help the students to understand the material. There are two research problems to be solved in this research: (1) what are the teaching techniques that the teacher used in teaching English at SMAN 1 Krembung Sidoarjo and (2) what are the teaching media that the teacher used in teaching English at SMAN 1 Krembung Sidoarjo. This study used descriptive qualitative approach. The subject being investigated was the teacher and the students at SMAN 1 Krembung Sidoarjo in X-Social 1. There were thirty one students in the classroom. They consisted of nine male students and twenty two female students. The data were obtained from observation and interview during the research which conducted in two meetings. According to the theory from Crooks & Chaudron which divided teaching technique into controlled techniques, semi-controlled techniques, and free techniques, the result exposes that the teacher used controlled techniques, semi-controlled techniques, and free techniques that were warm-up, setting, organizational, content explanation, checking, drill, identification, testing, wrap up, and games. For the teaching media, according to Sanjaya there are audio, visual, and audiovisual media. The teacher used audiovisual media as the teaching media that was music video. Those teaching techniques and teaching media were helpful for the teacher to get students’ attention and help the students to understand the lesson delivered by the teacher. The researcher suggests the teacher to keep using interesting teaching techniques and teaching media during English teaching process because both are effective to help the teacher to deliver the lesson and the students to understand the material. For English teachers in general should apply interesting teaching technique and teaching media in order to make the students interested towards the material. The future researcher might conduct a research on teaching technique and or teaching media in teaching English at the specific skill, such as teaching writing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/411/051506541
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Sep 2015 13:18
Last Modified: 18 Oct 2021 05:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101611
[thumbnail of 3_Table_of_Contents.pdf]
Preview
Text
3_Table_of_Contents.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4_Chapter_I_II_III_IV_V.pdf]
Preview
Text
4_Chapter_I_II_III_IV_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2_Declaration_of_Authorship.pdf]
Preview
Text
2_Declaration_of_Authorship.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1_Cover.pdf]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5_References_&_Appendices.pdf]
Preview
Text
5_References_&_Appendices.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item