A Descriptive Study on English Extracurricular Activity (Storytelling) at SMPN 3 Malang.

Lutwinda, NurFitria (2015) A Descriptive Study on English Extracurricular Activity (Storytelling) at SMPN 3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aktivitas ekstrakurikuler Inggris adalah tempat bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris mereka. Banyak sekolah di Malang memiliki ekstrakurikuler Inggris, dan sebagian besar fokus pada debat atau drama. SMPN 3 Malang adalah salah satu sekolah favorit di Malang. SMPN 3 Malang fokus pada bercerita dalam bahasa Inggris. Kegiatan bercerita perlu keterampilan membuat audiens merasakan suasana. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Subjek penelitian adalah populasi kegiatan ekstrakurikuler Inggris (mendongeng) di SMPN 3 Malang. Ada beberapa instrumen untuk mengumpulkan data. Mereka adalah panduan wawancara untuk guru, kuesioner, dan pengamatan. Data dikumpulkan dari pertengahan Maret hingga akhir April 2015, termasuk observasi selama kegiatan dan proses bercerita di kelas, mendistribusikan kuesioner kepada siswa dan mewawancarai guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada enam faktor internal yang mempengaruhi siswa untuk bergabung dengan aktivitas ekstrakurikuler Inggris ini. Peneliti menemukan bahwa para siswa menyukai bahasa Inggris, aktivitas ekstrakurikuler Inggris ini meningkatkan kepercayaan diri mereka, memberikan efek positif dalam skor bahasa Inggris mereka, membantu mereka melewati pemeriksaan bahasa Inggris, meningkatkan kosa kata mereka, dan meningkatkan penguasaan berbicara mereka. Peneliti juga menemukan lima faktor eksternal. Orang tua, keluarga, fasilitas sekolah, teman dan lingkungan mereka adalah faktor eksternal yang mempengaruhi siswa untuk bergabung dengan kegiatan ekstrakurikuler Inggris ini (mendongeng). Peneliti juga menemukan deskripsi umum tentang aktivitas ekstrakurikuler Inggris (mendongeng) di SMPN 3 Malang. Ada kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang juga ditemukan oleh peneliti. Peneliti memberikan beberapa saran untuk kegiatan ekstrakurikuler Inggris ini. Aktivitas ekstrakurikuler Inggris ini diadakan pada akhir pekan. Ada begitu banyak jadwal naksir dan guru harus memperbaikinya untuk membuat aktivitas ekstrakurikuler Inggris ini lebih baik di masa depan.

English Abstract

English Extracurricular Activity is a place for students to enhance their English skill. Many school in Malang has English Extracurricular, and mostly focus on debate or drama. SMPN 3 Malang is one of favorite school in Malang. SMPN 3 Malang focus on English Storytelling. Storytelling activity need skill to make audiences feel the atmosphere. This study used descriptive qualitative as the research design. The subject of the study were the population of English Extracurricular Activity (Storytelling) at SMPN 3 Malang. There were some instruments to collect the data. They are interview guide for the teacher, questionnaire, and observations. The data are collected from the Middle of March until the end of April 2015, including observation during activity and storytelling process in the classroom, distributing questionnaire to the students and interviewing the teacher. The results show that there are six internal factors influencing students to join this English extracurricular activity. The researcher found that the students like English, this English extracurricular activity increase their confidence, give positive effect in their English score, help them to pass English examination, increase their vocabulary, and enhance their speaking mastery. The researcher also found five external factors. Parents, family, school facilities, friends and their environment are the external factors influencing student to join this English Extracurricular Activity (Storytelling). The researcher also found the general description about the English extracurricular activity (storytelling) at SMPN 3 Malang. There are Strength, Weakness, Opportunity and Threat that also found by the researcher. The researcher give some suggestion for this English extracurricular Activity. This English Extracurricular Activity (Storytelling) held on weekend. There are so many crush schedule and the teacher should fix it in order to make this English Extracurricular Activity better in the future.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/392/051506522
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Sep 2015 14:22
Last Modified: 18 Oct 2021 04:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101589
[thumbnail of NUR_FITRIA_LUTWINDA_115110500111047.pdf]
Preview
Text
NUR_FITRIA_LUTWINDA_115110500111047.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item