Kecenderungan Citra Perusahaan dalam Media Baru (Analisis Isi Berita „Aksi Boikot Sari Roti‟dalam Media BeritaOnline Tempo.co, Tribunnews, dan Republika edisi 2 Desember 2016 sampai 16 Maret 2017)

Maharani, Devina (2017) Kecenderungan Citra Perusahaan dalam Media Baru (Analisis Isi Berita „Aksi Boikot Sari Roti‟dalam Media BeritaOnline Tempo.co, Tribunnews, dan Republika edisi 2 Desember 2016 sampai 16 Maret 2017). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Public relations memiliki fungsi dan tugas yang penting, antara lain berkomunikasi dan mengevaluasi program dan citra perusahaan. Analisa mengenai pemberitaan perusahaan penting untuk dilakukan karena menyangkut informasi yang dapat memberikan penilaian terhadap perusahaan khususnya mengenai citra. Peneliti mengambil obyek penelitian Sari Roti sebagai market leader produk Roti di Indonesia. Penelitian ini melakukan evaluasi citra Sari Roti mengenai isu boikot Sari Roti yang dimuat di media berita online Tempo.co, Tribunnews, dan Republika edisi 2 Desember 2016 sampai 16 Maret 2017.Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui kecenderungan isi berita – berita aksi boikot Sari Roti dalam media berita online Tempo.co, Tribunnews, dan Republika edisi 2 Desember 2016 sampai 16 Maret 2017. Kerangka pemikiran secara umum adalah komunikasi public relations, arah pemberitaan, jenis – jenis citra yang ditampilkan, dan elemen – elemen yang mempengaruhi citra perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis isi dengan jenis penelitian kualitatif kuantitatif dan pendekatan post postivistik.Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui lembar coding dan dokumentasi berita sebagai alat pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah Tribunnews dan Republika lebih banyak menerbitkan berita Sari Roti ke arah positif dibandingkan dengan Tempo.co. Pemberitaan yang dilakukan oleh media berita online Tempo.co, Tribunnews, dan Republika edisi 2 Desember 2016 sampai 16 Maret 2017tidak memengaruhi penjualan produk Sari Roti.

English Abstract

Public relation has crutial function and task, which is to communicate and evaluate programme and corporate image. The study about corporate publicity is crutial for company because the information could give judgement for company especialy for their image. This research is trying to explore on Sari Roti as market leader for Bread Brand in Indonesia. The purpose of this study is to evaluate Sari Roti’s image about Sari Roti boycott issue that published by online media Tempo.co, Tribunnews, and Republika’s 2 December 2016 until 16 march 2017 issue. The purpose of this study is to explore the news about boycott action from Sari Roti on online media Tempo.co, Tribunnews, dan Republika’s 2 December 2016 until 16 March 2017 issue. Researchers use theory of public relations communication, the news flow, type of image display, and corporate image element by Vos (1992). Persepective of this study is content analysis with mix methode using post positivistic approach. The data collected through coding sheet and news documentation as tools. Furthermore, by using content analysis research, it can be concluded that study result are Sari Roti get positive image from online media Tribunnews and Republika., than from Tempo.co. The boycott news didn’t affect the sales of Sari Roti products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1219/051803159
Uncontrolled Keywords: Citra Perusahaan, Sari Roti, Analisis Isi
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.22 Kinds of communication > 302.224 Verbal communication > 302.224 4 Written communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 May 2018 02:47
Last Modified: 21 Oct 2021 01:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10158
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 9. Lampiran.pdf]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (587kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item