Handini, Faradillah (2015) Language Learning Strategies Used by Deaf Students at SMPLB Eka Mandiri Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pertumbuhan komunikasi di seluruh dunia membawa perlunya pengetahuan bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Jadi, pemerintah membuat peraturan bahwa bahasa Inggris menjadi salah satu subjek yang harus diajarkan untuk semua siswa di sekolah menengah pertama dan senior, dan mahasiswa tuli tidak terkecuali. Namun, siswa tuli masih mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kondisi ini. Beberapa dari mereka adalah batasan fisik siswa dan kebiasaan mereka terhadap pembelajaran bahasa. Karena itu, siswa tuli perlu memiliki strategi pembelajaran bahasa untuk membuat mereka menjadi pembelajar bahasa yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan teori yang diusulkan oleh Oxford (1990) tentang strategi pembelajaran bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh mahasiswa tuli di SMPLB EKA Mandiri Batu, dan (2) strategi pembelajaran bahasa yang paling banyak digunakan oleh siswa tuli di SMPLB EKA Mandiri Batu. Penelitian ini menerapkan penelitian kualitatif. Responden dari penelitian ini adalah tiga mahasiswa tuli di SMPLB EKA MANDIRI BATU. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan inventarisasi strategi yang diterjemahkan untuk kuesioner pembelajaran bahasa (Sill) dari Oxford (1990) dan melakukan wawancara. Hasil kuesioner dianalisis dengan menggunakan instrumen asli Sill oleh Oxford (1990). Berdasarkan temuan, ketiga siswa tuna rungu menerapkan semua enam strategi pembelajaran bahasa seperti yang diusulkan oleh Oxford (1990) dengan frekuensi penggunaan yang berbeda. Strategi bahasa yang paling banyak digunakan yang dilakukan oleh tiga siswa tuli adalah strategi memori dengan skor rata-rata 3.3, sedangkan yang paling tidak digunakan adalah strategi metakognitif dengan skor rata-rata 2.7. Berdasarkan temuan ini, peneliti memberikan beberapa saran terkait dengan topik ini. Untuk peneliti di masa depan, disarankan untuk melakukan penelitian yang lebih dekat dan lebih dalam tentang strategi pembelajaran bahasa yang diterapkan oleh siswa tuli dengan lebih banyak jumlah atau siswa tuli dan mencari teori lain yang dapat mendukung dan memperkaya studi tentang strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh siswa tuli atau siswa dengan jenis kecacatan lainnya. Untuk siswa, mereka menyarankan agar mereka dapat meningkatkan strategi pembelajaran mereka sehingga mereka bisa menjadi pembelajar bahasa yang lebih baik dan untuk guru bahasa Inggris, mereka dapat mengembangkan strategi pengajaran dan inovasi yang sesuai dan cocok untuk strategi pembelajaran mahasiswa tuli.
English Abstract
The growth of communication all over the world brings the need of knowledge of foreign language, especially English. So, the government made regulation that English become one of the subjects that have to be taught for all students at junior and senior high schools, and deaf students are no exception. However, deaf students still have difficulty in learning English. There are many factors that can influence this condition; some of them are students’ physical limitation and their habit toward the language learning. Because of that, deaf students need to have language learning strategies to make them become better language learner. This study uses theory proposed by Oxford (1990) about language learning strategy. The aims of this study are to find out (1) the language learning strategies used by the deaf students at SMPLB Eka Mandiri Batu, and (2) language learning strategy which is most used by the deaf students at SMPLB Eka Mandiri Batu. This study applied qualitative research. The respondents of this study were three deaf students at SMPLB Eka Mandiri Batu. The researcher collected the data by using the translated Strategy Inventory for Language Learning (SILL) questionnaire from Oxford (1990) and conducting interviews. The result of the questionnaire was analyzed by using the original instrument of SILL by Oxford (1990). Based on the findings, the three deaf students applied all six language learning strategies as proposed by Oxford (1990) with different frequency of usage. The most used language strategies performed by the three deaf students was memory strategies with the mean score 3.3, while the least used one is metacognitive strategies with the mean score 2.7. Based on these findings, the researcher gives some suggestions relate to this topic. For future researcher, it is recommended to do a closer and deeper research about language learning strategies applied by deaf students with more number or deaf students and look for another theory that can support and enrich the study of language learning strategies used by the deaf students or students with other kind of disability. For students, they are suggested that they can improvise their learning strategies so that they can be better language learners and for the English teacher, they can develop the teaching strategies and innovations which are appropriate and suitable to the deaf students’ learning strategies.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/383/051506513 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 22 Sep 2015 10:52 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101579 |
Preview |
Text
COVER_neet.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BERITA_ACARA_BIMBINGAN_SKRIPSI.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
CURRICULUM_VITAE.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
s_new_BAB_I.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
s_new_BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
s_new_BAB_III.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
s_new_BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |