Representasi Ojōman Sebagai Bentuk Perubahan Konsep Maskulinitas di Jepang Pada Tokoh Kuranosuke Koibuchi dalam Anime Kuragehime Karya Sutradara Takahiro Omori.

Cindra, Amalia (2015) Representasi Ojōman Sebagai Bentuk Perubahan Konsep Maskulinitas di Jepang Pada Tokoh Kuranosuke Koibuchi dalam Anime Kuragehime Karya Sutradara Takahiro Omori. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jepang adalah salah satu negara yang terkenal akan banyaknya fenomena unik di masyarakat. Salah satunya adalah ojōman, yang berangkat dari konsep pria metroseksual. Saat ini, pria ojōman banyak dijumpai di kalangan generasi muda, yang secara tidak langsung menandakan perubahan konsep maskulinitas di Jepang yang sejak dulu mengusung konsep maskulinitas dari samurai dan sararīman. Tingginya angka ojōman pada generasi muda di Jepang mempengaruhi beberapa karya sastra populer untuk mengadaptasi fenomena tersebut ke dalam cerita, salah satunya adalah anime berjudul Kuragehime. Dalam anime tersebut terdapat seorang tokoh bernama Kuranosuke Koibuchi yang merepresentasikan beberapa sifat ojōman yang dapat ditemui di masyarakat. Dalam menganalisis sifat ojōman dalam diri tokoh Kuranosuke, penulis menggunakan teori gender dan konstruksi sosial, teori konsep dasar maskulinitas, serta gambaran pria maskulin di Jepang. Selain teori tersebut, dari segi analisis gambar penulis menggunakan teori mise-en-scene sebagai alat bantu. Berdasarkan penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa terdapat lima temuan utama mengenai sifat ojōman dalam diri Kuranosuke. Selain itu ojōman juga merupakan bukti perubahan konsep maskulinitas di Jepang. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menganalisis dari sudut pandang sosiologi sastra, atau meneliti budaya populer lain yang terkait dengan gender.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/382/051506512
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Sep 2015 10:35
Last Modified: 22 Sep 2015 10:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101578
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item