Program Jemput Bola Dalam Peningkatan Pelayanan Tabungan Asuransi Pensiun (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan Dan Pelatihan Kabupaten Jombang)

Fitrian, Fauzi Ripda (2018) Program Jemput Bola Dalam Peningkatan Pelayanan Tabungan Asuransi Pensiun (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan Dan Pelatihan Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hingga tahun 2007, Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Jombang mengalami kesulitan dalam hal pemberkasan hingga pencairan dana pensiun. Kemudian pihak BKDPP Kabupaten Jombang ingin memberikan kemudahan di dalam pelayanan pensiun untuk Pegawai Negeri Sipil yang purna tugas melalui program Jemput Bola. Program Jemput Bola adalah terobosan yang diciptakan oleh BKDPP Kabupaten Jombang yang berkerjasama dengan PT. TASPEN cabang Surabaya yang mengacu pada nota kesepakatan antara BKDPP Kabupaten Jombang dan PT.TASPEN cabang Surabaya. Inti dari program Jemput Bola ini adalah untuk memberikan kemudahan dari segi biaya, waktu dan tenaga dalam pelayanan pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil yang purna tugas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui model interaktif oleh Miles, Huberman dan Saldana. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pelaksanaan program Jemput Bola di BKDPP Kabupaten Jombang sudah berjalan optimal dan baik. Hal ini didasarkan adanya kerjasama dan komunikasi yang baik antara pihak-pihak yang terlibat untuk memberikan manfaat dan pengaruh yang positif bagi Pegawai Negeri Sipil yang purna tugas selaku penerima layanan. Dalam penelitian ini, peneliti menyarankan perlu adanya penambahan tempat pemberkasan yang nyaman untuk menambah kelancaran dari program Jemput Bola, memberikan sosialisasi atau konseling yang lebih mendalam tentang syarat dan data yang diperlukan untuk tahap pemberkasan.

English Abstract

Until 2007, Civil Servants in Jombang District experienced difficulties in terms of filing to the disbursement of pension funds. Then the BKDPP of Jombang want to provide ease in the retirement service for Civil Servants who full of duty through Jemput Bola program. Jemput Bola Program is a breakthrough created by BKDPP Jombang District in cooperation with PT.TASPEN Surabaya branch refers to the memorandum of understanding between BKDPP Jombang District and PT.TASPEN branch Surabaya. The essence of this Jemput Bola program is to provide convenience in terms of cost, time and energy in the retirement service for the full of duty civil servants. This research uses descriptive research type with qualitative approach through interactive model by Miles, Huberman and Saldana. The conclusion of this research result is the implementation of the Jemput Bola program in BKDPP Jombang District has been running optimally and well. This is based on good cooperation and communication between the parties involved to provide benefits and positive effects for the civil servants who full of duty as the recipient of the service. In this research, researchers suggest the need for the addition of a convenient place of filming to increase the smoothness of the Jemput Bola program, provide more in-depth socialization or counseling about the terms and data required for the filing stage.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/152/051803446
Uncontrolled Keywords: Administrasi Publik, Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Publik, Program, Pensiun
Subjects: 300 Social sciences > 368 Insurance > 368.3 Old-age insurance and insurance againts death, illness, injury
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 03 May 2018 02:47
Last Modified: 26 Oct 2021 05:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10157
[thumbnail of 14 LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
14 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (293kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item