Rahayu, IkaKharismaPutri (2015) Efektivitas Penggunaan Media Spectrum Argument dalam Pembelajaran Kompetensi Dasar Menyusun Teks Diskusi di Kelas VIII SMP Negeri 01 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Batu kurang tertarik dan bersemangat dalam kegiatan pembelajaran menyusun teks diskusi pada kurikulum 2013 karena pembelajaran beracuan pada teks. Buku teks pelajaran yang digunakan guru sebagai acuan pembelajaran menurunkan minat dan semangat siswa dalam menyusun teks diskusi. Berdasarkan hal tersebut media spectrum argument digunakan. Tujuan penelitian ini meliputi (1) mengetahui penerapan media spectrum argument terhadap kemampuan menyusun teks diskusi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batu (2) mengetahui perbedaan kemampuan siswa dalam menyusun teks diskusi menggunakan media spectrum argument dengan yang tidak menggunakan media spectrum argument (3) mengetahui penggunaan media spectrum argument efektif dalam pembelajaran menyusun teks diskusi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan ancangan eksperimen murni. Desain penelitian ini pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Batu. Sampel penelitian adalah kelas VIII B (kelas eksperimen) dan kelas VIII C (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data meliputi tes, dokumentasi, dan wawancara. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dan validitas butir soal continue. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil dari kedua uji tersebut data diuji menggunakan uji-t. Penerapan media spectrum argument dengan mengamati media pada awal kegiatan pembelajaran, memahami struktur teks diskusi yang telah dibagi pada media, memahami setiap ide pokok yang ada pada bagian media, dan langkahlangkah menyusun teks diskusi. Perbedaan yang signifikan pada kemampuan menyusun teks diskusi di kelas kontrol dan kelas eksperimen terlihat dari hasil posttest. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji-t terhadap skor posttest antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen diketahui thitung (th) < ttabel (ttb) atau -2,692<- 2,007. Berdasarkan hasil tersebut penggunaan media spectrum argument pada kegiatan pembelajaran kompetensi dasar menyusun teks diskusi efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/374/051506504 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 23 Sep 2015 15:45 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 03:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101568 |
Actions (login required)
View Item |