Agustin, VivieMawadahtu (2015) An Analysis of Post-Reading Question Based on Revised Bloom’s Taxonomy (A Descriptive-Qualitative Study on Kurikulum 2013 English Textbook Entitled Bahasa Inggris for Grade XI of Senior High School). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Menggunakan taksonomi mekar yang direvisi, penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis pertanyaan postreading dalam buku teks bahasa Inggris yang diterbitkan oleh pemerintah berjudul `Bahasa Inggris` untuk siswa sekolah menengah atas di semester kedua kelas XI. Pertanyaan pasca-membaca adalah semua pertanyaan membaca yang disajikan setelah 3 jenis teks monolog: Teks prosedur, laporan teks, dan teks ekspositori analitik. Diputuskan berdasarkan Silabus Kurikulum 2013 untuk semester kedua kelas XI. Desain deskriptif-kualitatif digunakan sebagai metode penelitian dalam penelitian ini karena penelitian ini berusaha untuk menguraikan fenomena kualitatif dari pertanyaan pasca-membaca di buku teks. Data dikumpulkan menggunakan empat lembar identifikasi dalam bentuk tabel sebagai instrumen. Pertanyaan akan dikategorikan berdasarkan bab, halaman, aktivitas, teks monolog, judul, dan jumlah pertanyaan. Setelah itu, data dianalisis berdasarkan pada formulir pertanyaan dan kategori proses kognitif. Frekuensinya akan dikonversi menjadi persentase. Langkah terakhir sedang mendiskusikan temuan dan membuat gambar kesimpulan untuk menjawab masalah penelitian. Berdasarkan prosedur penelitian yang dilakukan, hasil penelitian ini menemukan 7 bentuk pertanyaan: Ya / Tidak Pertanyaan, Pertanyaan Alternatif, pertanyaan WH, Menulis teks / jurnal, identifikasi, gambar gambar, dan menyebutkan hal-hal. Mereka didominasi oleh pertanyaan WH dengan porsi 51,5%. Setelah itu, ada 5 dari 6 kategori utama dan 13 dari 19 sub-kategori yang ditemukan dengan berbagai porsi. Mereka adalah: mengingat (9,1%): Mengenali, Mengingat. Memahami (24,3%): mencontohkan, mengklasifikasikan, menyimpulkan, menjelaskan. Menerapkan (0%). Menganalisis (9,1%): membedakan, mengorganisir. Mengevaluasi (27,2%): Memeriksa, mengkritik. dan menciptakan (30,3%): menghasilkan, merencanakan, memproduksi. Karena persentase perhitungan, disimpulkan bahwa pertanyaan pasca-membaca di buku teks sebagian besar dianggap milik tingkat berpikir tinggi (menciptakan, mengevaluasi, dan menganalisis) dengan persentase 66,6% sejak pertanyaan yang dimiliki oleh tingkat pemikiran rendah porsi 33,4% (menerapkan, pengertian, dan mengingat). Disarankan kepada Reviser Buku Teks untuk menyajikan pertanyaan secara berurutan dari terendah ke tingkat pemikiran tertinggi dan menambahkan lebih banyak pertanyaan kategori yang berlaku. Penulis buku teks lainnya dapat mengambil temuan sebagai pertimbangan dalam meningkatkan kualitas membaca pertanyaan. Akhirnya, disarankan untuk lebih lanjut peneliti untuk menganalisis pertanyaan membaca berdasarkan dimensi pengetahuan, atau melakukan analisis buku teks tentang buku pegangan guru bahasa Inggris.
English Abstract
Using Revised Bloom’s Taxonomy, this study was intended to analyze postreading questions in an English textbook published by government entitled “Bahasa Inggris” for senior high school students at grade XI second semester. The post-reading questions were all reading questions presented after 3 kinds of monologue texts: procedure text, report text, and analytical expository text. It was decided based on the syllabus of Kurikulum 2013 for grade XI second semester. A descriptive-qualitative design was used as the research method in this study since this study attempted to elaborate qualitatively phenomenon of the post-reading questions in the textbook. The data was collected using four identification sheets in the form of tables as the instruments. The questions would be categorized based on its chapter, page, activity, monologue text, title, and numbers of questions. Afterwards, the data were analyzed based on the questions forms and cognitive process categories; the frequency would be converted into percentage. The final step were discussing the findings and making conclusion drawing to answer the research problems. Based on the research procedures done, the result of the study found 7 question forms: yes/no question, alternative question, WH-question, writing short text/journal, identification, drawing picture, and mentioning things. They were dominated by WH-question with portion 51.5%. Afterwards, there were 5 out of 6 main categories and 13 out of 19 sub-categories found with various portion. They were: Remembering (9.1%): recognizing, recalling; Understanding (24.3%): exemplifying, classifying, inferring, explaining; Applying (0%); Analyzing (9.1%): differentiating, organizing; Evaluating (27.2%): checking, critiquing; and Creating (30.3%): generating, planning, producing. Due to the percentage calculation, it was concluded that the post-reading questions in the textbook were mostly considered belonged to high level of thinking (Creating, Evaluating, and Analyzing) with percentage 66.6% since the questions that belonged to low level of thinking had portion 33.4% (Applying, Understanding, and Remembering). It is suggested to the textbook reviser to present the questions sequentially start from the lowest to the highest level of thinking and add more questions of category Applying. Other textbook authors may take the findings as consideration in improving the quality of reading questions. Finally, it is recommended to further researchers to analyze reading question based on the knowledge dimension, or conduct a textbook analysis on English teachers’ handbook.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2015/371/051506501 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 23 Sep 2015 15:26 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 03:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101566 |
Preview |
Text
SKRIPSI_VIVIE_MAWADAHTU_AGUSTIN_115110500111058.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |